DIBANDINGKAN AIRPORT TETANGGA, SOEKARNO-HATTA MASIH JAUH TERTINGGAL


Nama                    :     Muhammad Andika Saputra Saad

Nim            :     224109166

Kelas        :     C Groundhandling S1 MTU

DIBANDINGKAN AIRPORT TETANGGA, SOEKARNO-HATTA MASIH JAUH TERTINGGAL

Pada kesempatan ini, saya ingin membahas tentang perbandingan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan bandara –bandara internasional lainnya.

Sebagai salah satu bandara bertaraf internasional di salah satu ibukota negara, Bandara Internasional Soekarno-Hatta bisa dikatakan tertinggal dari bandara-bandara internasional lainnya. Baik dari segi fasilitas penunjang, inovasi teknologi dan beberapa faktor lainnya seperti kebersihan dan kenyamanan bandara.

Bila dibandingkan dengan bandara negara-negara tetangga  seperti Changi International Airport Singapore, Kuala Lumpur International Airport misalnya, kondisi Bandara Internasional Soekarno-Hatta jauh tertinggal.

Misalnya transportasi penghubung antarterminal 1, 2, dan 3 tidak maksimal bahkan nyaris tidak ada. Seharusnya, hal seperti ini sudah diantisipasi sejak dini, terlebih kepadatan penumpang terus bertambah. Berbeda denganChangiInternationalAirportyang dihubungkan dengan kereta, sehingga penumpang tak perlu terjebak macet. Begitupun di KLIA, antarterminal dihubungkan dengan kereta. Di bandara-bandara lain setidaknya ada jalur kereta sebagai alternative transportasi bagi penumpang.

Sebelumnya, akses Bandara Soetta yang hanya mengandalkan jalan tol malah sempat terendam banjir bila musim penghujan tiba. Hal ini jelas akan menambah kemacetan dan berdampak pada keterlambatan penumpangnya, walaupun kemudian diantisipasi dengan penambahan jalan di sisi luarnya yang lebih tinggi. Kemudian masalah lain seperti luas dan daya tampung bandara (luas Soekarno-Hatta hanya 1800 hektare), serta kebersihan dan kenyamanan di kawasan bandara. Saya masih banyak melihat penjual-penjual yang notabene illegal dan orang-orang yang merokok kemudian membuang putung rokoknya sembarangan. Ini jelas akan merusak ‘image‘ kebersihan dan kenyamanan bandara.

Saya pernah membaca bahwa ada rencana untuk merevitalisasi bandara dan penambahan fasilitas transportasi seperti akan adanya kereta api dari Manggarai ke bandara dan ada juga kereta yang kecil tanpa awak yang hanya bertugas khusus mengantar penumpang ke terminal 1, 2, 3 dan juga ke pusat perbelanjaan yang berada di bangunan penghubung (integrated building). Semoga ini segera terealisasi dan bukan hanya sekedar wacana..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s