KE EFEKTIFITASAN PENAMBAHAN TERMINAL DAN RUNWAY DI BANDARA SOEKARNO – HATTA JAKARTA



 

KELOMPOK :  I

KELAS                      : S1. MTU D

NAMA ANGGOTA   : FREDERIK HENDRIKA (224109268)

: DEVI NURANI (224109213)

: JIMMY ANDERSON (

TEMA

KE EFEKTIFITASAN PENAMBAHAN TERMINAL DAN RUNWAY DI BANDARA SOEKARNO –  HATTA JAKARTA

LATAR BELAKANG

Salam terbang mengangkasa, Dawasa ini perkembangan dunia penerbangan sipil kita, mengalami kemajuan yang pesat, dari lapangan terbang Kemayoran yang dibangun tahun1910, tepatnya pada tanggal 1 januari 1910, dan terus berkembang pesat dengan adanya penerbangan internasional oleh KNIL, pasca kemerdekaan setelah penyerahan penuh kedaulatan Indonesia oleh Belanda. Berdirilah Indonesia AIR WAYS (Garuda Indonesia), MERPATI, SEMPATI (sudah tidak beroperasi), dan adanya pemindahan bandara dari Kemayoran Ke Halim Perdana Kusuma, dan terus berkembang pesat dengan banyaknya maskapai berdiri, BUROQ, MANDALA (sudah tidak beroperasi), berdiri bandara Seokarno – Hatta, untuk penerbangan domestik , dan makin banyaknya maskapai Asing terbang ke Indonesia, dan bertambah banyaknya maskapai Swasta Indonesia berdiri, ADAM AIR (sudah tidak beroperasi), SRIWIJAYA, BATAVIA, AIR ASIA, LION AIR, CITYLINK. Dan sampai sekarang ini bandara Soekarno – Hatta semakin ramai, sesak dipenuhi penumpang dan keluarga yang mengantarnya, dan makin banyaknya pesawat yang landing, dan melakukan jam terbang serta rute yang banyak dalam sehari semakin memenuhi pesawat yang Block On di 3 terminal di Seokarna – Hatta, dengan aporon yang terbatas, landasan pacu yang hanya ada dua landasan saja. Belum lagi, Terminal cargo dengan pesawat yang berukuran besar, sepertinya tidak cukup lagi hanya beroperasi dua landasan pacu saja, belom lagi jika berbarengan dengan libur Natal, Lebaran, Tahun baru, Libur sekolah, dll. Dan adanya penrbangan Umroh dan Haji bayangkan saja.

Terminal 1 A, B saja sudah digunakan oleh Lion Air & Wings Air hanya dua maskapai kakak – beradik di dua terminal, 1 c Expres Air, Air Fast, City LINK, BATAVIA. 2 D, E, F maskapai Asing, dan  Garuda Indonesia ( Domestic dan International), AIR ASIA (INTERNATIONAL), Haji, Batavia (Umroh), Lion AIR (Umroh & International). Terminal 3 Di gunakan untuk penerbangan Haji jika musim Haji, AIR ASIA ( Domestik&International), TKI. Pesawat Lion AIR saja, yang digunakan untuk Ke Jedah sajah parkir di terminal Cargo.

Belom lagi ini mempengaruhi parkir kendaraan, belom lagi taksi, Damri, Shutle Bandara, memenuhi depan terminal. Ditambah lagi perkembangan pesat bisnis pengiriman barang, sehingga makin banyak pesawat cargo makin banyhak masuk, dan gudang yang sudah kurang mampu menampung barang air cargo.

Masalah ini mau tidak mau memaksa pemerintah untuk memperhatikan, butuhnya terminal baru lagi, dan perluasan wilayah bandara, juga penambahan Runway / Landasab pacu. Dampaknyan terpenuhinya kebutuhan bandara yang harus diperluas ini akan mengatasi masalah – masalah diatas tersebut. Maka kami mengangkat tema “KE EFEKTIFITASAN PENAMBAHAN TERMINAL DAN RUNWAY DI BANDARA SOEKARNO –  HATTA JAKARTA “ untuk tugas penelitian mata kuliah GROUND HANDLING, sebagai kewajiban mengerjakan tugas besar yang dibuat berkelompok ini.

2 thoughts on “KE EFEKTIFITASAN PENAMBAHAN TERMINAL DAN RUNWAY DI BANDARA SOEKARNO – HATTA JAKARTA

  1. @ Pak Eko : siap pak, terimakasih atas masukan dan koreksinya, kedepannya kami akan berusaha untuk lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s