“KEHILANGAN KENDARAAN YANG BERKAITAN DENGAN MANAJEMEN PENGAWASAN DI BANDARA SOEKARNO – HATTA”


KELOMPOK 4

RANGGA RAESAPATI (224109275)

ADRIANUS SATRIO (224109299)

DADANG KURNIAWAN (224109273)

RIA RIZKI

 

TUGAS KE 1

KELAS “D”

 

TEMA

“KEHILANGAN KENDARAAN YANG BERKAITAN DENGAN MANAJEMEN PENGAWASAN DI BANDARA SOEKARNO – HATTA”

LATAR BELAKANG MASALAH

Beberapa tahun terakhir dunia penerbangan (airline) di indonesia mengalami peningkatan dari segi penumpang. Bandara dipenuhi oleh penumpang yang akan menggunakan jasa penerbangan pesawat udara untuk mencapai suatu tujuan atau lokasi yang di inginkan. Meningkatnya jumlah penumpang di bandara ternyata meningkatkan kasus kriminal,terutama di area parkir kendaraan di terminal bandara Soekarno – Hatta,misalnya seperti kasus kehilangan kendaraan baik mobil maupun motor di terminal bandara Soekarno – Hatta. Data dari tahun ke tahun kehilangan kendaraan meningkat dan tentunya meresahkan penumpang. Hal itu yang diakui oleh PT Angkasa Pura II, pengelola bandar udara Soekarno – Hatta, mengakui kelemahan sistem pengamanan parkir di terminal yang dikelolanya.

Mereka mengakui adanya kehilangan kendaraan dan mereka juga menduga ada skenario yang sudah di buat begitu matang oleh para pencuri sehingga pihak keamanan parkir tidak mengetahui ada kendaraan yang keluar parkir. Jadi, walaupun dari data yang ada mobil masih ada didalam, kenyataannya kendaraan itu memang sudah tidak ada di area parkir terminal bandara. Area parkir yang  merupakan tempat – tempat pemberhentian kendaraan yang bersifat sementara dan dalam waktu yang relatif singkat seperti menaikkan atau menurunkan penumpang atau bongkar muat barang ternyata dijadikan suatu kesempatan bagi oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan aksi kriminalitasnya.

Maka, untuk keperluan pelayanan jasa transpotasi udara perlu didukung dengan fasilitas bandara yang memadai terutama area parkir kendaraan di terminal bandara agar dapat melayani sepenuhnya aktivitas operasi bandara,sehingga sudah saatnya melakukan rencana pengembangan fasilitas fisik dan pelayanan penerbangan yang mampu melayani kebutuhan di masa yang akan datang, karena sistem tranportasi udara telah menjadi salah satu sarana yang merupakan kerangka fisik bagi pertumbuhan dan kemajuan akomodasi terhadap perubahan dan perkembangan yang telah diperkirakan.

Iklan

One thought on ““KEHILANGAN KENDARAAN YANG BERKAITAN DENGAN MANAJEMEN PENGAWASAN DI BANDARA SOEKARNO – HATTA”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s