KELOMPOK 2 : Rencana Penutupan Pintu M1 yang merupakan Akses Jalan dari Wilayah Tangerang ke Bandara Soekarno-Hatta (Part 1)


Herny Puspitasari (224109277)

Marlinda Putri Santoso (224109276)

Silvi Nur Octavia (224109123)

Tia Aulia Athar (224109092)

ZU-09

LATAR BELAKANG

            Saat ini Bandara Soekarno-Hatta memiliki dua pintu masuk. Pintu utama yang langsung berhubungan dengan tol dalam kota, sedangkan akses lainnya adalah pintu M1 yang merupakan pintu alternatif yang biasanya dilalui oleh masyarakat Tangerang.

Tetapi kemudian, otoritas bandara berencana untuk  menutup pintu alternatif yang merupakan akses cepat masyarakat Tangerang tersebut. Alasan pertama adalah penutupan pintu M1 dalam rangka revitalisasi bandara untuk  menjadikan bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara kelas dunia. Kedua, pintu M1 merupakan restricted area yang seharusnya hanya orang-orang tertentu saja yang dapat melewatinya. Imbas dari penutupan pintu M1 ini, seluruh masyarakat yang tadinya dapat melewati pintu ini sebagai akses cepat hanya dapat melewati pintu utama saja. Dan para karyawan yang biasanya menggunakan pintu alternatif ini pun tidak dapat menggunakannya lagi.

Rencananya, otoritas bandara akan mensosialisasikan kepada masyarakat pengguna dan para karyawan tentang kebijakan ini. Sosialisasi ini dimulai dari masyarakat umum yang sudah tidak boleh lagi melewati pintu alternatif ini, lalu kemudian disusul oleh para karyawan.

Terkait rencana sosialisasi ini, terjadi banyak pro dan kontra di tengah masyarakat. Walikota Tangerang pun angkat bicara dan langsung menolak tegas tentang rencana penutupan pintu M1 ini maupun rencana sosialisasi yang akan dilaksanakan karena hal tersebut akan mempersulit warganya untuk pergi ke bandara. Ia meminta kepada otoritas bandara untuk dibuatkan jalan baru yang dapat memudahkan warganya untuk menuju bandara.

Tujuan dari survey yang akan dibuat yaitu untuk mengetahui reaksi masyarakat terkait rencana penutupan pintu M1 dan pendapat masyarakat tentang usulan Walikota Tangerang mengenai pembangunan jalan baru sebagai solusi dari penutupan pintu M1 tersebut.

Judul ”Rencana Penutupan Pintu M1 yang merupakan Akses Jalan dari Wilayah Tangerang ke Bandara Soekarno-Hatta” dipilih karena wacana ini sangat menarik perhatian kelompok kami dan kasus ini memang sedang banyak dibahas di masyarakat.

Target responden utama kami adalah warga Tangerang yang menggunakan pintu M1 sebagai akses utama menuju bandara. Selain itu, masyarakat umum dan para karyawan yang mengetahui tentang rencana penutupan pintu M1 ini.

Target usia responden berkisar antara 17 tahun sampai 55 tahun dengan jenis kelamin pria dan wanita.

Pembagian tugas :

Herny Puspitasari sebagai ketua dan pencetus ide.

Dalam kelompok kami, ketua dan para anggota sama-sama mengerjakan tugas dengan porsi yang sudah ditetapkan. Bedanya, perintah dan keputusan ada di tangan ketua.

Marlinda Putri S., Tia Aulia dan Silvi Nur Oktavia bersama ketua membuat latar belakang. Drafting kuesioner dibuat setelah anggota mengumpulkan daftar-daftar pertanyaan maupun pernyataan yang dapat dimasukkan ke dalam kuesioner. Kelompok kami berdiskusi tentang pertanyaan-pertanyaan ataupun pernyataan-pernyataan terbaik yang dapat dijadikan kuesioner. Kemudian baik ketua maupun anggota mendapat tugas untuk mengetik, lalu salah satu anggota menyerahkannya kepada admin.

One thought on “KELOMPOK 2 : Rencana Penutupan Pintu M1 yang merupakan Akses Jalan dari Wilayah Tangerang ke Bandara Soekarno-Hatta (Part 1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s