PEMBERIAN UANG TIP KEPADA PETUGAS INSTANSI DI KARGO BANDARA SOETA TELAH MEMBUDAYA


NAMA     : EKO PRIYANTO

NIM         : 224109182

KELAS    : S1 MTU C

tentu kalian semua tahu bandara international soekarno – hatta? itu adalah bandara internasional yg di miliki negara kita dan tentu jelas banyak instansi pemerintah di dalamnya terkait masalah penerbangan. seperti karantina, bea dan cukai, airlines, dan masih banyak lagi. dalam perinsipnya yang kalian ketahui dari teori masalah pengiriman barang adalah mulus mulus saja jika dokumen lengkap? benar tidak? kalian tidak pernah mengetahui praktek dilapangannya seperti apa banyak kebusukan kebusukan di area kargo bandara soeta. seperti pemberian tip kepada pihak instansi yang berperan dalam proses pengiriman barang baik ekspor maupun impor itu sudah membudaya sekali sejak dahulu hingga sekarang. saya mau berbagi pengalaman saja karena saja 2 tahun bekerja sebagai shipper di kargo bandara soeta. pekerjaan saya adalah waktu itu handling ekspor di kargo bandara soeta disana saya dapat bertemu dan kenal dengan orang orang yg bekerja di instansi terkait. pada saat pertama atau sebut saja saya awam dalam masalah pengiriman kargo dan saya di bantu oleh orang tua saya cara dalam pengiriman barang. letak keganjilan saya mengapa pihak terkait meminta uang tip ke saya loh pikiran saya mereka kan mendapat gaji dari instansi mereka kenapa meminta kepada saya? lalu saat itu saya di terangkan kepada bapak saya “nak ga usah kaget memang begitu permainannya supaya barang kita bisa berangkat dan kita ntr di marahin sama bos”. memang untung dan gaji dari pekerjaan saya tidak besar namun kalo mereka meminta kita kebagian apa? kalian tahu selain kita bayar sewa gudang dan PNBP kita harus mengeluarkan biaya ekstra untuk memberi mereka tip agar lancar dalam pemrosesan suatu pengiriman. seperti : memberi tip untuk pemeriksa barang saat di karantina sebagai uang pengganti segel dari karantina dan juga memberi tip untuk bea cukai agar tangannya mau bergerak untuk menandatangani PEB dan stempel nama pihak tersebut. jadi peran kita sekarang dalam memerangi budaya itu harus seperti apa? mohon para komentator untuk memberikan komentar dalam tulisan saya ini. akhir kata saya ucapkan terima kasih.

mohon maaf  jika ada yg tersinggung dan juga berperan dalam penerimaan uang tip itu saya ingin membangun bangsa ini agar tidak selalu uang menjadi kasta tertinggi dalam hidup kita.

2 thoughts on “PEMBERIAN UANG TIP KEPADA PETUGAS INSTANSI DI KARGO BANDARA SOETA TELAH MEMBUDAYA

  1. Pemberian uang tip bukan hanya di export-import, di domestik juga sama. Utk mengatasi masalah ini nggak bisa sendiri2, mungkin harus ada semacam class action (maaf hukum bukan bidang saya). Di Bandara Soeta udah jadi lingkaran setan, semua terlibat & semua bermain. Terus Berjuang melalui semua jalur media.

Tinggalkan Balasan

