EFEKTIVITAS SARANA KOMUNIKASI TERHADAP PELAYANAN LALU LINTAS UDARA


nama : Devi noviani
nim : 2241.09.086
kelas : c

Pelayanan lalulintas udara yaitu pelayanan yang diberikan oleh unit air traffic service yang bertujuan untuk menjamin keselamatan penerbangan. Pemberian pelayanan air traffic service (ATS) merupakan tanggung jawab suatu negara. Indonesia sebagai salah satu anggota ICAO tidak terlepas dari tanggung jawab tersebut. Salah satu tujuan pelayanan air traffic service adalah untuk menjamin arus informasi yang dibutuhkan untuk keselamatan, kelancaran, dan efisiensi penerbangan.

Pelayanan lalulintas udara akan berjalan dengan sebagaimana mestinya apabila pihak penyelenggara dalam hal ini pemerintah dan operator pengguna jasa air traffic service menaati semua peraturan yang berlaku di dunia penerbangan.

Di dalam unit ATS dibagi menjadi beberapa unit yang memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menjamin keselamatan penerbangan. salah satu unit ATS yang memberikan informasi untuk menjamin jarak aman antar pesawat yaitu unit flight service station (FSS) dan juga komuniksi penerbangan.

Unit komunikasi penerbangan bertugas untuk memberikan informasi berupa berita penerbangan yang diberikan melalui ground to ground atau bisa melalui ground to air.

Sarana komunikasi yang sesuai dengan ketentuan Dirjen perhubungan udara yaitu :

  • SSB (Single Side Band), yaitu alat yang digunakan untuk komunikasi ground to ground atau antar bandara yang juga dapat digunakan untuk pengiriman flight plan.
  • Telex, yaitualat yang berguna untuk pendistribusian berita penerbangan berupa tulisan.
  • AFTN (Aeronautical Fixed Telecommunication Network), yaitu system jaringan antar berbagai stasiun komunikasi penerbangan, untuk pertukaran berita ataupun data digital sesama stasiun komunikasi penerbangan yang mempunyai kesamaan karakteristik.
  • Radio frequency yang dapat menjalin hubungan komunikasi langsung dengan  pilot.

Kesimpulan : jadi sarana komunikasi sangat penting dalam menunjang keselamatan, kelancaran, dan efisiensi dalam memberikan pelayanan lalulintas udara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s