Regulasi Baru, Pilot Wajib Tes Narkoba & Alkoho Tiap 6 bln


Nama                         : Dimas Satrio Putra Gunawan

Nim                             : 224108210

Kelas                           : S1 MTU C

 

 

Regulasi Baru, Pilot Wajib Tes Narkoba & Alkoho Tiap 6 bln

 

Kementerian Perhubungan mewajibkan semua pilot, teknisi, operator ATC, sekuriti, dan petugas perawatan mesin melakukan tes narkoba dan alkohol. Kewajiban itu tercantum dalam surat bernomor HK010/1/1/DRJU-2012 tentang standar prosedur pencegahan terkait dengan penyalahgunaan narkoba oleh personel pengoperasi pesawat udara.

“Regulasi ini untuk menekan penggunaan narkoba pada operator penerbangan,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan, Jumat 13 Januari 2012

Menurut saya Itu masih kurang, seharusnya ada pula regulasi yang mewajibkan setiap maskapai penerbangan melakukan tes alkohol dan narkoba secara rutin setiap waktu (1 hari sekali, seminggu sekali, sebulan sekali) kepada semua pilot, tapi tidak semua pilot dikenakan pemeriksaan, tapi mereka yang terkena ‘sample’ saja! Cara ini juga effektif kalau dipakai sebagai alat untuk mentest pilot-pilot yang ‘dicurigai’ menggunakan narkoba. Tinggal itu pilihan ‘sample’nya ditujukan langsung ke pilot yang dicurigai itu saat dia mau terbang atau habis terbang. DAN YANG WAJIB…PILOT HARUS JAUH DARI NARKOBA DAN DI TEST ACAK SECARA PERIODIK. Begitu kedapatan menggunakan NARKOBA, mereka harus dibuang dari ketinggian 5000kaki tanpa parasut UNTUK MEMBERIKAN GAMBARAN KALO BAGAIMANA MEREKA BISA MENCELAKAI PENUMPANG!!!

Di AS dan Inggris, Aturan Ketat bagi PILOT yang Kedapatan Drink (apalagi Nyabu?) Sangat Berat Sanksinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s