Amankah Transportasi Penerbangan di Indonesia?


Nama : Riza Febrianti

Nim     : 224109263

Kelas  : S1 MTU C

Tugas GH II ke : 2

 

Amankah Transportasi Penerbangan di Indonesia?

Industri penerbangan adalah industri global dan keselamatan merupakan prioritas utama di dunia penerbangan. Yang menjadi pertanyaan, sudah amankah transportasi penerbangan di Indonesia? Jawabannya, menurut saya tidak atau belum aman, karena regulator Indonesia tidak memenuhi standar pengawasan keselamatan penerbangan yang ditetapkan ICAO dan badan khusus PBB yang menangani permasalahan penerbangan sipil antarnegara. Sehingga FAA (Federal Aviation Administration) yang menjadi acuan industri penerbangan global, pada tahun 2007 lalu telah menurunkan peringkat Indonesia ke kategori 2 atau a Failure.

Dalam standar keselamatan penerbangan global terdapat dua kategori, yaitu kategori 1, a pass (lulus), dan kategori 2, a failure (tidak lulus). Bila regulator atau otoritas penerbangan suatu negara tidak kompeten, maka seluruh maskapai penerbangan di negara itu tidak akan terjamin keamanannya.

FAA menilai regulator Indonesia tidak memiliki kompetensi yang memadai dalam menerapkan safety oversight sehingga tidak berani mencabut izin operasi maskapai yang melakukan pelanggaran mendasar. Regulator Indonesia juga dinilai terlalu mudah memberikan izin usaha dan operasi penerbangan kepada unsafe airlines yang mengakibatkan tingginya tingkat kecelakaan pesawat terbang di indonesia.

Ada tiga unsur yang memberikan konstribusi pada keselamatan penerbangan.

  1. Bagaimana pesawat itu didesain, dibuat dan dirawat.
  2. Sistem penerbangan negara, airport, jalur lalu lintas udara, dan air traffic control.
  3. Airlines flight operations yang berkaitan dengan pengendalian dan pengoperasian pesawat di airlines.

Dengan demikian tanggung jawab regulator penerbangan suatu negara adalah memastikan keselamatan penerbangan pada tingkat yang tertinggi pada ketiga unsur tersebut. Itulah sebabnya ketika terjadi kecelakaan beruntun awal 2007 lalu, FAA menjatuhkan penilaiannya kepada regulator atau otoritas penerbangan Indonesia, bukan kepada maskapai penerbangannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s