Harapan Pembangunan Bandara Soekarno-Hatta


Nama         : Fitra Suciandra

Nim            : 224109048

Kelas         : GH2 C

Tugas GH ke-2

Harapan Pembangunan Bandara Soekarno-Hatta

Wacana tentang pembangunan sebuah bandara bertaraf Internasional di Indonesia adalah angan-angan masyarakat, khususnya di Ibu Kota. Dari berita yang sudah saya dengar dari tahun 2011 ini, pemerintah berjanji untuk mulai membangun Bandara dari tahun 2012 sampai 2014. Hal ini karena telah diperkirakan bahwa bandara Soeta hanya  akan mampu menampung penumpang sampai tahun 2014-2015. Hal ini karna beberapa faktor, yaitu meningkatnya peralihan penumpang (moda darat atau laut) ke moda transportasi udara, selain itu fenomena LCC yang ada juga turut ikut andil menyebabkan membengkaknya penumpang transportasi udara, yang berdampak pada meningkatnya jumlah “pengunjung” di Bandara Soetta.

Kembali ke persoalan pembangunan bandara yang kini sedang berjalan di bawah perhatian Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara di Indonesia, dan Departemen Perhubungan yang kini sedang mempercantik keadaan didalamnya dengan memperbaharui akses transportasi. Hal ini merupakan perubahan yang paling diharapkan yang akan muncul di tampilan baru Bandara Soetta. transportasi public yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Masyarakat sangat berharap adanya subway atau kereta yang dapat mempermudah akses keluar masuk bandara. Hal ini merupakan hal yang wajar, melihat transportasi di Bandara yang sangat memprihatinkan. Selama ini para pengguna jasa bandara hanya disuguhkan Jalan Tol, Taxi, dan Damri sebagai akses keluar masuknya bandara diluar keberadaan ojek yang ilegal.

Memang terasa berat untuk mewujudkan Bandara impian yang dapat bersaing di kancah Internasional dan nantinya dapat disejajarkan dengan Changi Airport di Singapore, atau Incheon Airport di Korea Selatan. Namun keyakinan dari segenap masyarakat, didukung oleh dana yang dikeluarkan Pemerintah membuat wacana ini semakin lama, semakin mendapat titik terang. Rangkaian pembangunan Bandara Soetta yang menghabiskan kurang lebih 11,7 trilliun ini diyakinkan akan memiliki banyak penambahan fasilitas didalamnya, selain pastinya menambah besar area Apron, Immigration dan Terminal itu sendiri, penambahan lainnya yaitu seperti adanya lounge atau tempat bermain khusus anak-anak yang sengaja dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi si kecil. Hal lainnya yang dapat dilihat di bandara nanti adalah, ditambahnya Duty free, restaurant, café, dan tempat hiburan lainnya yang pastinya akan dapat menambah kenyamanan anda memkai jasa Bandara Soetta.

Hal ini dikarenakan prinsip awal Bandara yang ingin menjadi sebuah Airport City seperti bandara tetangga, Singapore. Hal ini sengaja dilakukan karna berharap Bandara Soetta yang pada dasarnya merupakan pintu gerbang sebuah Negara, ingin agar setiap penumpang khususnya penumpang Internasional, dapat menikmati kenyamanan di Indonesia dengan hanya melihat bandaranya terlebih dahulu sebelum nantinya merasakan Indonesia yang sesungguhnya.

One thought on “Harapan Pembangunan Bandara Soekarno-Hatta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s