Kelompok 3 : FASILITAS PADA RUANG BOARDING DI TERMINAL 2 BANDARA SOEKARNO-HATTA


Frissie Cordhitta                 224109355

Kristoni                               224109187

Mona Fatiah                        224109170

Ratih Hitaningtiyas            224109077

Kelas            ZU 09

 

Laporan Kegiatan:

Setelah membuat konsep kuisioner dan Latar Belakang mengenai “Fasilitas Pada Ruang Boarding di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta” , di minggu ke-dua ini kelompok kami menterjemahkan kuisioner kedalam bahasa Inggris. Mengapa kami harus menterjemahkannya kedalam bahsa Inggris? Alasannya ialah karena sebagian responden yang kami tuju adalah Warga Negara Asing (WNA) yang tentunya pernah menggunakan Ruang Boarding pada terminal 2 Bandara Soekaro-Hatta yang merupakan terminal keberangkatan Internasional. Oleh karena itu, kami harus membuat kuisioner menjadi dua versi, yakni versi Bahasa Indonesia dan versi Bahasa Inggris.

Selain menterjemahkan kuisioner, kami juga sudah menyebarkan kuisioner tersebut (baik yang berbahasa Indonesia maupun yang berbahasa Inggris) untuk diisi oleh target responden kami, yakni: remaja dan dewasa , baik itu Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA). Awalnya sempat bingung untuk membuat kuisioner di website yang mana , karena “Poll Daddy” yang tadinya akan digunakan ternyata memiliki keterbatasan , dan akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan “Google Document” . Metode penyebaran kuisioner kami lakukan melalui media social, antara lain: Facebook, Yahoo Messenger, Twitter, dan Blackberry Messenger , tentunya penyebaran kuisioner ini dilakukan dengan sebaik mungkin dan dengan tata bahasa yang  mampu menarik minat para target responden seperti Pelajar , mahasiswa, karyawan , Wisatawan Asing , dll.

Selama mengerjakan tugas Ground Handling II, menurut para anggota kelompok, tidak ada kesulitan yang berarti, kami mencoba untuk menyatukan perbedaan pendapat dan juga mempertimbangkan masukan-masukan yang positif untuk kemajuan kelompok kami karena dengan adanya perbedaan itulah membuat ide kami menjadi lebih berkembang dan banyak alternative yang dipilih. Selain itu kami juga kesulitan dalam mencari target responden WNA , awalnya kami berfikir akan mudah mencari target responden WNA dengan datang langsung ke Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta , kembali lagi dengan keterbatasan yang ada , kami urungkan niat tersebut.

Namun hal itu tidak membuat kami menyerah begitu saja , promosi tetap dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner berbahasa inggris tersebut ke website-website atau group di Facebook yang kemungkinan banyak WNA yang mengunjungi situs tersebut , seperti group yang bernama : Tourism , I Love Indonesia , I Love Travelling , Dll.  Anggota yang memiliki kerabat atau kenalan yang berkewarganegaraan asing juga menyebarkan kuisioner ini.

Jumlah responden yang sudah mengisi kuisioner sampai hari Jumat ini ialah 157 responden WNI , dan 1 responden WNA. Hasil sementara yang dapat disimpulkan dari jawaban para responden ialah mereka Tidak puas dengan fasilitas yang selama ini ada di ruang boarding , mereka menginginkan fasilitas lebih dan kebanyakan dari mereka menginginkan penambahan fasilitas Internet/ wi-fi karena para responden lebih sering menunggu dengan memainkan gadget pribadinya yang digunakan untuk browsing dan untuk keperluan Social Media (Facebook,Twitter,Blog,dll). Tanggapan mereka antusias dan senang jika penambahan fasilitas tersebut dapat direalisasikan di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta dan menginginkan Fasilitas tersebut juga ditambah di ruang tunggu penjemput.

Foto tersebut ialah saat kami mendiskusikan metode promosi dan menterjemahkan kuisioner ke dalam Bahasa Inggris , dengan adanya tugas ini ada hal postifnya seperti di saat tidak ada dosen biasanya kami ke kantin atau bergosip tapi karena kami mau hasil yang terbaik dari tugas kami maka saat tidak ada dosen pun dimanfaatkan untuk diskusi kelompok, penyebaran kuisioner pun membuat kami berinteraksi kembali dengan teman-teman yang sudah lama tidak berkomunikasi dengan kami.

Foto berikut ialah cara kami menyebarkan kuisioner untuk mencari respoden , mulai dari Membuat status di Facebook,Broadcast Message,Tweet,dll.

Kelompok kami mengucapkan banyak terima kasih untuk yang sudah berpatisipasi untuk mengisi kuisioner , bagi yang belum isi  ayo berpatisipasi untuk membuat Bandara International Soekarno-Hatta menjadi lebih baik dan demi kelancaran tugas kami. Ini linknya à http://t.co/PsO4kUtB

For foreigner,  if you know about Soekarno-Hatta International Airport in Indonesia, lets participate to help our airport improved to be better than before by answering this quesioner. thankyou in advance. Here’s the link –> http://bit.ly/GFLvrc

 

Pembagian Tugas:

Mona Fatiah : Ketua kelompok, juru ketik.

Frissie Cordhitta : Menyusun laporan kegiatan

Ratih Hitaningtiyas : Menyusun laporan kegiatan

Kristoni : Posting Kuisioner versi Indonesia dan Inggris

Note: Semua anggota terlibat dalam menyebarkan dan mempromosikan kuisioner , menerjemahkan Kuisioner ke bahasa inggris dan mengemukakan ide dan tanggapan untuk menyusun laporan kegiatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s