Analisa Pembelian Tiket Pesawat Melalui Calo di Terminal 1 Bandara International Soekarno Hatta Jakarta (PART II)


Kelompok 8

Nama Ketua              : Rusnah Indah Cahyati     (224109310)

Nama Anggota         : Devi Kusuma Wardani     (224109098)

Rina Nur Wijayanti            (224109099)

Fitrio Apriliando                (224109018)

Laporan Tugas Mandiri Ground Handling 2 :

  • Metode Penyebaran

Metode penyebaran kuesioner yang kelompok kami lakukan yaitu melalui jejaring sosial seperti melalui facebook, twitter, dan blackberry messager. Penyebaran kuesioner juga kami lakukan secara langsung dengan menggunakan media seperti tablet ipad, kami langsung menanyakan pertanyaan-pertanyaan kuesioner kelompok kami kepada koresponden dan langsung mengisi pada tablet ipad tersebut . Penyebaran kuisioner kelompok kami disebarkan setiap hari.

  • Target Kuesioner

Target kuesioner kelompok kami adalah masyarakat umum yang sudah pernah menggunakan jasa transportasi udara maupun yang belum pernah menggunakan jasa transportasi udara. Pembagian kelompok target koresponden adalah mahasiswa / mahasiswi, karyawan, pegawai negeri sipil, wirausaha, wiraswasta, dan lain – lain.

 

  • Hambatan-hambatan dalam penyebaran kuesioner

Hambatan-hambatan kami dalam penyebaran kuesioner adalah:

ü  Kurangnya waktu dalam penyebaran kuesioner karena jadwal kuliah yang cukup padat sehingga kami hanya dapat melakukan penyebaran kuisioner pada saat waktu santai.

ü  Kami masih harus mengevaluasi pertanyaan yang tercantum dalam kuisioner sampai hari rabu sehingga jumlah respondennya masih sedikit.

ü  Jaringan internet yang kurang bersahabat cukup menyulitkan kami dalam menyebarkan kuesioner online tersebut.

 

  • Jumlah responden

Jumlah responden yang telah mengisi kuesioner kami hingga jum’at sore tanggal 23 Maret 2012 yaitu berjumlah 157 responden.

 

  • Hasil sementara / kesimpulan sementara

Dari hasil yang kami dapatkan sampai hari jumat sore tanggal 23 Maret 2012, jumlah responden yang kami dapatkan sebanyak 157 responden. Hasil penyebaran kuesioner online yang kami lakukan menunjukan bahwa 85% responden tidak pernah membeli tiket pesawat melalui calo dan 15% responden pernah melakukan pembelian tiket pesawat melalui calo. Responden yang banyak mengisi kuesioner ini adalah kelompok mahasiswa dengan umur mulai dari 17 – 25 tahun.

Hasil sementara menyatakan bahwa pada saat membeli tiket langsung kepada airline, penumpang diminta untuk menunjukkan KTP sebesar 69%, pada saat melakukan check in sebesar 71 %, sedangkan pada saat boarding hanya sebesar 37% sehingga dapat disimpulkan pengawasan pihak bandara masih tergolong baik dalam mencegah masuknya penumpang yang memiliki tiket dengan data penumpang yang berbeda dengan fisiknya.

Menurut responden bahwa menggunakan jasa calo sangat merugikan, hal ini berdasarkan penelitian yang menyatakan sebesar 38% sangat tidak setuju dan 45% tidak setuju untuk pernyataan menggunakan jasa calo menguntungkan. Membeli tiket melalui calo juga mahal dibandingkan membeli melalui airline langsung, terbukti dengan jawaban sangat setuju sebesar 49% dan setuju sebesar 33%.

Menurut responden bahwa sebesar 55% mengatakan bahwa keberadaan calo ini sudah sangat mengganggu kenyamanan. Sebesar 52% menyatakan bahwa para calo ini dapat dengan leluasa berkeliaran di bandara internasional soekarno hatta sehingga jumlah calo inipun dapat dengan mudah bertambah, apalagi ternyata para calo ini mempunyai pas masuk yang dapat memudahkan mereka untuk keluar masuk bandara, hal ini dinyatakan dengan 48% setuju dengan pernyataan tersebut.

Untuk mengatasi masalah calo ini, responden menyatakan 74% setuju apabila pemerintah membuat peraturan yang mengatur tentang percaloan ini agar para calo yang berkeliaran di bandara dapat diberikan sangsi yang tegas. Tidak hanya itu, penumpang yang menggunakan jasa calo juga harus diberikan sangsi yang tegas sehingga penyedia jasa yaitu calo serta pengguna jasa calo tidak lagi menjual dan membeli tiket secara ilegal, hal ini dibuktikan dengan 42% setuju akan hal tersebut.

  • Pembagian Tugas

v    Rusnah Indah Cahyati : Mengevaluasi kuesioner, membuat laporan tugas mingguan, membuat dan mengedit kuesioner dalam gmail, serta menyebarkan kuesioner

v    Devi Kusuma Wardani : Mengevaluasi kuesioner, membuat laporan tugas mingguan, membuat dan mengedit kuesioner dalam gmail, serta menyebarkan kuesioner

v    Rinna Nur wijayanti : Mengevaluasi kuesioner, membuat laporan tugas mingguan, membuat dan mengedit kuesioner dalam gmail, serta menyebarkan kuesioner

v    Fitrio Apriliando : Mengevaluasi kuesioner, membuat laporan tugas mingguan, membuat dan mengedit kuesioner dalam gmail, serta menyebarkan kuesioner

 

  • Link yang dapat dikunjungi

Jika anda tertarik untuk membantu penelitian mengenai calo ini, anda dapat mengunjungi link dibawah ini :

https://docs.google.com/spreadsheet/viewform?formkey=dDRQVkFWTGRsZUdYcjB2TkJ3MzZQVHc6MQ

Suara anda sangat berharga sekali untuk melakukan perubahan dalam mengatasi masalah calo ini. Untuk yang telah berpartisipasi dalam mengisi kuesioner ini, kami mengucapkan banyak terima kasih.

One thought on “Analisa Pembelian Tiket Pesawat Melalui Calo di Terminal 1 Bandara International Soekarno Hatta Jakarta (PART II)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s