Pelayan Apa Saja Yang Diberikan Ground Handling Terhadap Flight Handling Perusahaan Airlines?


Pelayan Apa Saja Yang Diberikan Ground Handling Terhadap Flight Handling Perusahaan Airlines?

NAMA        : NINDY ELMA

NIM            : 224108255

KELAS       : C

TUGAS KE : 2

 

  1. Melayani pelayanan terhadap pesawat yang dilakukan di apron ataupun di hangar.

2.       salah satu tujuan pelayanan adalah safety, punctuality & regularity, customer satisfaction dan profitability.

A. Commencing a Flight

Penerbangan tidak dapat dilakukan sampai persiapan pesawat dan dokumen penunjang penerbangan lengkap/selesai dan PIC harus memastikan bahwa :

  1. Aircraft maintenance log sudah selesai dan ditandatangani.
  2. Sekuruh muatan yang akan dibawa telah didistribusikan dengan benar dan aman, sesuai dengan aturan yang berlaku di airlines.

 

B. Exchange of Operational Data

Untuk mendapatkan data yang diperlukan selama penerbangan, maka petugas harus :

  1. Mengumpulkan, check kebenaran data dan selalu memperbaharui data yang relevan dengan kondisi operasional, salh satunya adalah Aircraft serviceability, dispatchability.
  2. Distribusikan data-data yang diperlukan kepada seluruh unit terkait.

 

C. Flight Operations

a) analyzing operational environments & conditions

Rencana operasi penerbangan dapat dibuat setelah mengetahui seluruh kondisi lingkungan operasional, kemudian tinggal menentukkan jenis pesawat apa yang akan dipakai sesuai dengan kekuatan armada yang dimiliki perusahaan.

b) flight planning

Yang berhak membuat flight plan adalah :

  1. Setiap flight plan dibuat tidak kurang dari 3 jam sebelum ETD dan harus dipersiapkan untuk crew briefing setidaknya 1 jam sebelum ETD.
  2. Setiap flight plan harus ditandatangani oleh PIC.

c)  flight operations document folder: Data-data harus disimpan di Airport keberangkatan.

d) crew briefing & de-briefing

· Crew briefing :

Diskusi untuk mengimplementasikan rencana yang telah dibuat antara PIC dan FOO yang bertugas, apabila terjadi perbedaan pendapat, maka PIC yang berhak untuk mengambil keputusan, sedangkan FOO membuat laporan perubahan yang terjadi.

  • · Crew de-briefing :

Melakukan verifikasi data antara rencana semula dengan data selama penerbangan.

  • · Location:

Lokasi crew briefing debriefing, ditentukkan sesuai dengan kondisi lapangan, namun sebaiknya dilakukan di tempat lain asalkan tidak terganggu oleh umum.

e) crew briefing checklist :

  • · Aircraft
  • · Operational environment
  • · Flight plan

f) refueling & water drain

  • · Pelayanan water drain untuk pesawat yang RON akan dilakukan pada hari berikutnya dengan ketentuan harus menggunakan peralatan yang sesuai dan benar serta memperhatikan aspek keselamatan.

g) fuel required

  • · Flight plan harus dipersiapkan sesuai dengan seluruh data yang berlaku
  • · Atas permintaan PIC, penambahan fuel boleh dilakukan
  • · Pengisian fuel form harus berdasarkan hasil kalkulasi antara fuel yang dibutuhkan dengan data yang sudah tertera.

h) refuelling performance

  • · Sebelum pelaksanaan fuelling, harus dilakukan pemeriksaan di dalam fuel truck.
  • · Pastikan bahwa fuel indicator dalam keadaan nol.
  • · Setelah refueling selesai, check fuel truck indicator, catat jumlah fuel yang digunakan.

One thought on “Pelayan Apa Saja Yang Diberikan Ground Handling Terhadap Flight Handling Perusahaan Airlines?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s