PELAYANAN TERHADAP PENUMPANG DOMESTIK DI BANDARA SOEKARNO -HATTA (PART II)


Dikyleo zayanurrizal          (2241 09 041)           : ketua

Esty setyorini                      (2241 09 081)           : anggota

Niken larasati                      (2241 09 113)           : anggota

Aflia sari                                (2241 09 192)           : anggota

Kelas           : ZU 09

Laporan ini kami buat berdasarkan proses yang kami jalankan dalam rangka pengerjaan tugas yang di berikan oleh bapak Eko Probo D.W selaku dosen ground handling 2. Tugas ini bersifat kelompok yang terdiri dari  4 mahasiswa/i dari kelas zu-09 dimana dalam penyelesaianya kami harus melalui beberapa tahap pengerjaan, beberapa teman berpendapat tugas kali ini lebih mudah dari semester sebelumnya dimana kami harus mengerjakan secara individual, namun bagi kelompok kami tugas kali inilah yang lebih sulit karena tidak mudah menggabungkan beberapa pendapat dimana setiap individu mempunyai karakter yang berbeda. Apalagi di semester 6 ini banyak mata kuliah yang menuntut perhatian khusus dengan materi dan tugasnya, kami harus dapat menyiasati waktu mengerjakannya di sela-sela waktu kuliah.

Di awal kami mengetahui (tepatnya di minggu pertama)  apa yang akan menjadi tugas kami untuk semester ini kami langsung memutar otak apa sekiranya judul yang apat kami gunakan untuk tipe tugas seperti ini karena disini kami akan melakukan survey online dimana responden yang akan kami temukan bersifat generalis namun tidak mudah untuk menentukan judul di sinilah kami bergegas meminta pendapat dari beberapa teman-teman kami di luar kelas melalui mobile phone, kami menanyakan apa yang sebenya mereka perlukan dan apa sebenarnya yang perlu diperbaiki dalam dunia penerbangan jika mereka diposisikan sebagai pengguna jasa anggkutan udara, dari situlah muncul ide dari salah satu anggota kelompok kami (Esti Ariamy S) untuk memakai judul pembangunan nursery room di bandara Soekarno Hatta Jakarta dan kami setuju.

Judul ini kami pilih atas dasar  minimnya fasilitas nursery room di bandara bahkan sebagian besar bandara di Indonesia belum memilikinya kalaupun ada keberadaannya belum dapat disebut layak sebagai fasilitas bandara padahal kelompok kami pikir keberadaan nursery room sangat dibutuhkan apalagi di negara timur seperti Indonesia dimana norma kesopanan sangat diperhatikan. Setelah menentukan judul kami beranjak mengerjakan latar belakang mengenai judul  tersebut, ditengah perjalanan diminggu ke-2 tepatnya ketika waktu yang hampir deadline (kamis, sementara jum’at di posting) kami berkonsultasi kepada dosen kami mengenai judul yang kami ambil, dan dosen kami berpendapat akan lebih baik jika judulnya bersifat umum. Setelah kami bicarakan akhirnya kami putuskan untuk segera mengganti judul. Kami harus memutar otak kembali untuk menemukan judul yang tepat. Berbagai argumen keluar dari masing-masing individu untuk menentukan judul yang akan kami gunakan. Cukup rumit suasananya namun secara spontan ketua kelompok kami (Dikyleo Zayanurrizal) berbicara “coba kita ambil dari segi pelayanan” akhirnya kami coba beberapa penyusunan redaksional judul agar  dari judul tersebut kami akan mendapat kemudahan menyelesaikan tugas.

Akhinya kami  putuskan untuk mengambil judul “Pelayanan terhadap penumpang domestik di bandara Soekarno Hatta jakarta”. Mengapa domestik? karena di terminal domestik inilah kami banyak melihat secara langsung mauapun secara lisan kekurangan dari segi pelayanan terjadi dan agar dalam melakukan survey online nanti kami mempunyai batasan dari sisi tempat. Judul sudah ditentukan kami kembali beranjak mengerjakan latar belakang dan menyusun drafting kuisioner. Beberapa pengerjaan kami bagi untuk masing individu ada yang membuat kuisioner, pengumpul data dan fakta, pembuat latar belakang namun karena ini tugas kelompok jadi kami tidak dapat semena-mena menyatakan bahwa apa yang kami kerjakan  adalah benar, kami harus meminta pendapat dari teman-teman  kelompok kami, setelah semuanya dirasa cukup dan sesuai, dari latar belakang juga kuisioner akhirnya tugas kami pertama dapat selesai. Berlanjut ke minggu selanjutnya dari judul dan latar belakang yang kami buat kami mendapat respon yang cukup baik, namun dari segi kuisioner ada yang perlu kami perbaiki yaitu kami akan membedakan pelayanan dari segi kedatangan dan keberangkatan. Tapi menurut kami ini belum apa-apa masih panjang proses yang harus kami lalui untuk menjadikan tugas ini selesai dan kami mendapatkan hasil untuk nantinya dapat kami salurkan kepada pihak terkait.

Pelayanan terhadap penumpang domestik bandara soekarno hatta

Laporan sementara hasil kuisioner

 

Metode penyebaran kuisioner:

kuisioner ini di sebarkan melalui  survey online yang kami share melalu beberapa jejaring sosial seperti facebook dan jejaring sosial lainnya.

 

Target kuisioner

Target responden kami adalah semua penumpang dan semua pegguna jasa bandara domestik di bandara internasional soekarno hatta ,namun dalam penyebaranya ada beberapa spesifikasinya dari jenis kelamin,range usia sampai jenis pekerjaan dari responden kami.

Hambatan dalam penyebaran

            Hambatan dalam  penyebaran kuisioner ini mungkin dari segi waktu yang secara intensif kami harus terus mengupdate perkembangan namun Dalam proses penyebaran kami mendapat bantuan beberapa pihak, teman,keluarga.radio stereaming (dons radio) serta beberapa orang yang tidak kami kenal secara langsung .yang  sangat membantu kami dalam memperluas jaringan link kuisioner ini.

 

Jumlah responden sampai jumat sore

Kuesioner ini kami share mulai hari jumat,22 maret 2012 pukul 22.00 Sampai pada hari ini jumat 23,maret 2012 pukul 17.00  sebanyak 115 responden yang telah mengisi kuesioner kelompok kami dengan judul”Pelayanan terhadap penumpang domesti di bandara soekarno hatta:”.

 

Kesimpulan sementara

Kesimpulan sementara dari hasil kuesioner kami adalah kurang dari setengah dari seluruh jumlah responden merasa puas dengan pelayanan penumpang domestik bandara soekarno hatta, selebihnya para responden masih merasa kurang puas terhadap pelayanan yang mereka dapat di bandara soekarno hatta, terbukti lebih dari 44% responden mengatakan bahwa petugas masih kurang tanggap terhadap keluhan mereka,  serta ketersediaan tempat di ruang tunggu yang di rasakan kurang oleh sejumlah responden kami dan ini menjadi salah satu catatan khusus, karena terminal terlihat semerawut akibat hal ini.hasil ini masih dapat berubah sampai dengan waktu yang di targetkan.

https://docs.google.com/spreadsheet/viewform?formkey=dE8tNGhkdHl3bzUtRnM4QWZvZUE1MWc6MQ

kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mau berpartisipasi untuk menjadi responden kuisioner kami dan para pihak yang membantu tersebarnya link kuisioner kami.semoga ini menjadi awal perubahan.

Pembagian tugas pada minggu ini

Dikyleo zayanurrizal                       (2241 09 041)           : ketua (merivisi kuisioner)

Esty setyorini                                    (2241 09 081)           : anggota (merivisi kuisioner)

Niken larasati                                    (2241 09 113)           : anggota (membuat laporan)

Aflia sari                                              (2241 09 192)           : anggota (membuat laporan)

 

Iklan

2 thoughts on “PELAYANAN TERHADAP PENUMPANG DOMESTIK DI BANDARA SOEKARNO -HATTA (PART II)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s