SIAPA YANG BERTANGGUNG JAWAB ATAS HILANGNYA BAGASI?


Nama : Sela

NIM    : 224109070

Kelas : C

Tugas GH II ke : 2

 

SIAPA YANG BERTANGGUNG JAWAB ATAS HILANGNYA BAGASI?


            Banyaknya artikel mengenai  seringnya  terjadi penumpang yang kehilangan bagasi membuat saya sendiri atau mungkin banyak konsumen lain pengguna layanan jasa transportasi udara yang kadang merasa bingung harus kemana meminta pertanggung jawaban apabila terjadinya kehilangan/kerusakan bagasi?

Pada dasarnya saat kita menyerahkan bagasi di konter check-in dan menerima baggage tag, maka bagasi tersebut telah menjadi tanggung jawab Maskapai Penerbangan yang kita gunakan.  Bagasi yang diterima diberi label sesuai dengan nomor flight penumpang. Kerusakan/kehilangan bagasi dapat terjadi kapanpun sejak bagasi diserahkan sampai saat pengambilan bagasi di Bandara tujuan.  Maskapai Penerbangan biasanya mengurus sendiri semua urusan check-in penumpang,  pengurusan bagasi dan juga penyiapan pesawat terbangnya. Tapi apabila Maskapai Penerbangan menunjuk perusahaan ground handling dalam penanganannya, maka tanggung jawab atas kerusakan/kehilangan bagasi ada pada Perusahaan ground handling yang bersangkutan. Namun demikian kontrak angkut yang ditunjukkan dengan adanya baggage tag adalah antara Penumpang dan Maskapai Penerbangan, sehingga tuntutan atas kerusakan/kehilangan bagasi tetap ditujukan kepada Maskapai Penerbangan tersebut.

Oleh sebab itu jelaslah bahwa apabila kita mengalami kehilangan/kerusakan bagasi maka Yang harus kita minta pertanggung jawaban adalah Maskapai Penerbangan yang bersangkutan walaupun tetap ada tanggung jawab yang tak langsung dengan Bandara. Beberapa Maskapai Penerbangan telah mengasuransikan kehilangan/kerusakan bagasi. Selain itu regulasi dari Kementrian Perhubungan/Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mengatur secara jelas mengenai ganti rugi yang harus diberikan kepada penumpang yang bersangkutan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s