Laporan GH II Kelompok 6 (Part 1)


PENERAPAN DELIVERY BAGGAGE SERVICE DI BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA

Ketua             :  Nabila Rachmadina (2241-09-332)

Anggota         : Fifi Shofiyah (2241-09-005)

Dyana Natalia (2241-09-103)

Fitria Chandra (2241-09-269)

Laporan mingguan Ground Handling :

Pada minggu ke-3, yang kelompok kami lakukan dalam kelanjutan pengerjaan tugas mandiri Ground Handling ini adalah memastikan pernyataan yang kita buat apakah sudah sesuai dan sudah dapat mewakilkan dari judul yang kita ambil. Selanjutnya  memasukan pernyataan yang ada di draft tersebut ke dalam sebuah Survey online (Google Survey).

Metode yang kita gunakan dalam penyebaran kuesioner ini ada metode penyebaran secara Online. Kita belum melakukan penyebaran kuesioner secara langsung (Tatap Muka) dengan responden.

Data tersebut kami masukkan/posting pada:

Hari/Tanggal : Selasa, 20 Maret 2011

Pukul             : 21.00 WIB

Pada hari dan jam yang sama kuesioner disebarkan ke berbagai social media seperti  facebook, twitter, blackberry messenger(BBM) dan  media lainnya.

Foto/gambar ini adalah cara kita dalam menyebarkan kuesioner kepada responden.

1. Melalui Facebook

2. Melalui Twitter

3. Melalui Blackberry Messanger (BBM)

Target responden kami adalah Mahasiswa/i, Pegawai/Karyawan dan Pengusaha yang pernah melakukan penerbangan. Setelah beberapa jam kuesioner kami publish, kami telah mendapatkan reponden yang cukup banyak dalam pengisian kuesioner kami.

Dalam penyebaran kuesioner ini kami mengalami beberapa hambatan. Hambatannya adalah kami mendapatkan beberapa pertanyaan dari responden mengenai tujuan dan maksud dari kuesioner yang kami sebarkan, sehingga kami harus menjelaskan kepada setiap responden yang ingin mengisi kuesioner tersebut. Hal ini terjadi karena mereka mungkin tidak terlalu memahami apa maksud dari Delivery Baggage Service. Maka pada hari Rabu, 21 Maret 2011 kami melakukan perubahan atau meng-edit kuesioner kami. Kami menambahkan tujuan kami dalam pembuatan kuesioner ini, agar responden dapat lebih memahami apa yang kami teliti dan kami analisis.

Hambatan lainnya adalah kita belum  bisa share kuesioner ini ke pihak Angkasa Pura karena belum menemukan blog atau semacamnya yang bisa menghubungkan kami dengan pihak Angkasa Pura.

Sampai hari ini Jumat, 23 Maret 2012 pukul 19:30 WIB jumlah responden yang kami dapat adalah sebanyak 235 responden.

Dari hasil survey sementara tersebut, kami dapat menyimpulkan bahwa terlihat responden menyetuji adanya penerapan Delivery Baggage Service di Bandara International Soekarno-Hatta karena mereka mementingkan kemudahan dan kepraktisan dalam bepergian. Contohnya hobby berbelanja yang dimiliki hampir seluruh masyarakat di Indonesia, membuat responden setuju akan penerapan Delivey Baggage Service ini. Karena sangat memudahkan bagi masyarakat yang apabila habis berpergian dari luar kota / luar negeri pada saat kembali ke tempat asal mereka membawa bagasi yang sangat banyak. Dengan adanya Delivery Baggage Service ini mereka tidak perlu bingung memikirkan bagaimana barang-barang bawaan mereka harus dibawa dari Airport sampai kerumah.

Berikut kami cantumkan link dari Survey Online kelompok kami yang kami infokan/sebarkan di berbagai media http://t.co/jbhl737i. Bagi kalian yang ingin berpartisipasi dalam pengisian kuesioner tersebut silahkan buka link tersebut dan berikan jawaban anda. Terima kasih.

Pembagian Tugas:

  1. Nabila Rachmadina : Menyusun dan melengkapi laporan mingguan yang harus di kumpulkan dan posting tiap minggunya. Dan memberikan masukan untuk memasukkan tujuan pengisian kuesioner didalam survey onlin. Ikut berpartisipasi pula dalam menyebarkan kuesioner tersebut kepada para responden dan memantau pergerakan jumlah responden yang sudah berpartisipasi dalam pengisian kuesioner tersebut.
  1. Fifi Shofiyah             : Memposting kuesioner tersebut melalui survey online (Google Survey) dan berpartisipasi menyebarkan kuesioner tersebut kepada para responden dan memantau pergerakan jumlah responden yang sudah berpartisipasi dalam pengisian kuesioner tersebut. Melakukan perubahan pada Survey Online dengan menambahkan apa tujuan dalam pengisian kuesioner tersebut.
  1. Dyana Natalia          : Menyebarkan kuesioner tersebut kepada para responden dan memantau pergerakan jumlah responden yang sudah berpartisipasi dalam pengisian kuesioner tersebut. Melakukan perubahan pada Survey Online dengan menambahkan apa tujuan dalam pengisian kuesioner tersebut.
  1. Fitria Chandra          : Menyebarkan kuesioner tersebut kepada para responden dan memantau pergerakan jumlah responden yang sudah berpartisipasi dalam pengisian kuesioner tersebut.
Iklan

One thought on “Laporan GH II Kelompok 6 (Part 1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s