PELAYANAN TERHADAP PENUMPANG DOMESTIK DI BANDARA SOEKARNO -HATTA (PART III)


Dikyleo zayanurrizal          (2241 09 041)           : ketua

Esty setyorini                      (2241 09 081)           : anggota

Niken larasati                      (2241 09 113)           : anggota

Aflia sari                                (2241 09 192)           : anggota

Kelas      Zu 09

Laporan sementara hasil kuisioner

Hasil kuisinoer pada minggu ini kami laporkan dalam bentuk grafik, jumlah responden kami sampai dengan hari jumat tanggal 30 maret 2012 mencapai 149 responden, berdasarkan hasil sementara kuisoner ini ada beberapa diantaranya sebagian besar responden yang berpartisipasi dalam pengisian kuisioner kami adalah pria dimana jenjang umurnya antara 18-40 tahun, dengan jenis pekerjaan mahasiswa dan pegawai.

  1. Untuk persentase jawaban responden dapat dilihat langsung pada grafik di bawah.
  2. Hasil kesimpulan ini masih dapat berubah sampai target waktu yang ditentukan.

Jika kami simpulkan secara detail berdasarkan pertanyaan yang kami ajukan sebagian besar jawaban responden sangat bervariasi, berikut analisis yang kami lakukan terhadap kuisioner kami didasarkan atas jawaban dari responden kami.

1. Apakah petugas selalu memberikan salam selamat datang ?

Jawaban terbanyak dari YA artinya petugas mempunyai etika kesopanan yang baik dengan ramah memberikan salam kepada penumpang.

2. Apakah pihak bandara Soekarno Hatta selalu memberikan solusi terhadap keluhan dan kenyamanan penumpang

Sebagian besar responden menyatakan pelayanan petugas masih kurang dalam memberikan solusi terhadap keluhan dan kenyamanan penumpang, padahal jika ini dapat diperbaiki pihak bandara dapat mengakumulasi secara rndom apa saja yang menjadi titik penumpang-penumpang tersebut mengeluh dengan begitu pihak bandara dapat memperbaiki system pelayanan secara langsung.

3. Petugas cepat tanggap dalam menangani keluhan penumpang

Petugas masih kurang tanggap terhadap keluhan penumpang, hal ini akan memperburuk citra petugas dan sistem pelayanan bandara.

4. Kemampuan komunikasi yang efektif dari petugas terhadap penumpang

Jawaban dari responden kami 45% mengatakan YA tetapi 35% mengatakan kadang-kadang hanya berbeda 10% itu dapat dikatakan kemampuan komunikasi yang efektif masih kurang. Kami pikir komunikasi yang efektif ini selalu dilakukan pembaharuan dan evaluasi dari pihak terkait mungkin lebih baik setiap petugas diberikan training.

5. Apakah petugas memberikan informasi dengan jelas

Jawaban dari responden kami terbanyak adalah CUKUP JELAS, mengartikan informasi yang diberikan sekedar cukup, padahal  seharusnya pemberian informasi yang jelas harus dilakukan dengan baik karena instansi tersebut bergerak dibidang jasa.

6. Ruang tunggu untuk boarding cukup untuk menampung kapasitas penumpang

Perbandingan Jawaban dari responden kami mengatakan YA hanya berbeda 2% dari yang mengatakan TIDAK, mengartikan ruang tunggu masih belum terlalu cukup menampung kapasitas penumpang.

7.Ketersediaan bangku yang cukup pada boarding lounge

Dari hasil yang kami lihat menurut responden kami ketersediaan bangku di boarding lounge, TIDAK MENCUKUPI kapasitas penumpang yang ada hal ini memang perlu sangat diperhatikan jika ruangannya memang masih dapat menampung kapasitas penumpang seharusnya hal ini juga berbanding lurus dengan ketersediaan  bangku di dalamnya, jangan biarkan gambaran terminal sebuah bandara berubah menjadi gambaran terminal yang lusuh.

8. Keadaan terminal selalu bersih

Jawaban dari responden kami terbesar adalah KADANG-KADANG, mengartikan baik petugas maupun pengguna kurang menjaga kebersihan bandara yang merupakan tempat umum yang harus dijaga kebersihannya bersama.

9. Toilet/WC dalam keadaan yang bersih

Perbandingan jawaban dari responden kami antara YA dan KADANG-KADANG berbeda 2% dapat diartikan toilet masih belum bersih, dan sekali lagi bukan hanya petugas yang bertanggung jawab, tetapi pengguna juga harus menjaga kebersihan toilet.

10. Tersedia cukup troli untuk barang penumpang

Ketersediaan troli masih cukup barang-barang penumpang.

11. Suhu di ruangan nyaman

Suhu ruangan dirasakan penumpang nyaman

12. Papan Informasi tentang jadwal penerbangan/Time Table jelas

Sebagian besar penumpang menyatakan papan informasi tentang jadwal penerbangan/ time table cukup jelas.

13. Di terminal 1 bandara soetta Terdapat ruang bebas merokok yang nyaman

Sebagian besar responden tidak mengetahui keberadaan ruang bebas merokok di bandara.

14. Para petugas bandara soetta di terminal 1 selalu standby

Jawaban dari responden kami YA selalu standby, tetapi bertolak belakang dengan jawaban pertanyaan no 2 dan 3, mengartikan petugas hanya stand by tanpa membantu penumpang

15. Para petugas terminal 1 bandara soetta berpakaian rapi

Petugas selalu berpakaian rapi.

Kesimpulan:

Berdasarkan jawaban dari responden kami, secara garis besar dapat kami simpulkan pelayanan terhadap penumpang domestik di bandara Soekarno Hatta sudah cukup baik, namun jika dilihat pelayanan yang baik hanya berasal dari satu komponen saja yaitu dari sisi pelayanan dari petugas didalamnya tidak pada ketersediaan sarana dan prasarana bandara itu sendiri. Hal ini sangat disayangkan karena sarana dan prasarana inilah yang nantinya akan memudahkan penumpang dalam proses keberangkatan dan kedatangan mereka, atau mungkin bila dipersepsikan secara general bukankah hal tersebut dapat memperburuk citra dari bandara itu sendiri, walaupun memang sebagian besar penumpang tidak mengambil pusing hal tersebut yang tujuan mereka lebih banyak pada bagaimana mereka bisa cepat sampai ke tempat tujuan. Namun  seharusnya pihak-pihak terkait harus lebih tanggap akan hal ini, mereka harus lebih intensif mencari tahu apa yang menjadi kekurangan dan perlu diperbaiki, jika kami bagaimana bandara di daerah terpencil dapat maju, jika kami diperkenankan memberikan saran dan solusi, kami pikir perlu diadakan evaluasi atau peninjauan langsung oleh pihak terkait agar system pelayanan dapat teratur dan sesuai kebutuhan, berikan pelatihan pada pegawai atau petugas dibidangnya masingh-masing setiap tahunnya, agar mereka mengerti apa yang menjadi masalah dan bagaimana nanti mereka menghadapinya sehingga mereka paham apa yang diinginkan konsumen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s