“SURVEY RELOKASI DAN RENOVASI LAHAN PARKIR INAP DI BANDARA SOEKARNO-HATTA” (PART III)


Kelompok 9

Diarsysri Rainy Akbar Tawakal (224109207-KETUA)

Devy Sulianti (224109184)

Trias Anggraeni (224109156)

Vina Yunitasari Widya Husnita (224109314)

Kelas    ZU 09

LAPORAN TUGAS GROUND HANDLING (MINGGU KE 3):

Pada minggu ke 3 ini kelompok kami yaitu kelompok 9, terus melakukan kegiatan penyebaran kuisioner survey kami seperti minggu lalu melalui broadcast blackberry messenger, yahoo messenger, dan jejaring social seperti facebook dan twitter dari masing-masing anggota kelompok kami. Hambatan yang kami temui pun masih sama seperti minggu lalu yaitu sulitnya menemukan responden yang pernah/sering menggunakan lahan parkir inap bandara internasional seokarno-hatta ini, karena tidak semua orang pernah menggunakan fasilitas tersebut. Apalagi ditambah dengan target responden yang harus kami dapat yaitu sekitar 250 responden, membuat kami harus berpikir keras lagi untuk menemukan responden-responden kami agar mencapai target. Sampai dengan hari Jum’at tangal 30 Maret 2012 jam 07.30, responden yang kami dapatkan tercatat sebanyak 170 responden. Berikut ini merupakan presentase usia, jenis kelamin, serta pekerjaan dari para responden:

Kebanyakan responden kami berusia 20-30 tahun sebanyak 114 orang dengan presentase 67%, disusul dengan usia 31-40 tahun sebanyak 33 orang dengan presentase 19%, kemudian usia 41-50 tahun sebanyak 13 orang dengan presentase  8% dan terahir adalah usia  ≥ 51 Tahun sebanyak 4 orang dengan presentase 2%. Responden kami pun kebanyakan berjenis kelamin pria berjumlah 89 orang dengan presentase sebanyak 52% dan wanita sebanyak 73 orang dengan presentase sebesar 43%.

170 responden kami berasal dari berbagai profesi yang didominasi oleh mahasiswa sebanyak 85 orang dengan presentase sebesar 50%, kemudian disusul oleh karyawan swasta sebanyak 30 orang dengan presentase sebesar 18%, selanjutnya merupakan wiraswasta dan lain-lain sebanyak masing-masing 17 orang dengan presentase yang sama yaitu 10%, kemudian yang terahir adalah PNS sebanyak 15 0rang dengan presentase sebesar 9%.

Dari 170 responden tersebut dapat disimpulkan keseimpulan sementara dari hasil survey kami yaitu sebagai berikut:

Dari grafik diatas dapat terlihat bahwa sebanyak 99 responden (58%) setuju bahwa pengelola bandara perlu merenovasi lahan parkir inap, kemudian sebanyak 58 responden (34%) sangat setuju, 4 responden (2%) kurang setuju, dan sebanyak 2 responden (1%) tidak setuju.

Grafik kedua ini merupakan grafik yang menunjukan tanggapan responden bahwa lahan parkir inap perlu direokasi ketempat yang lebih strategis dan luas. Sebanyak 82 reponden (48%) setuju atas pernyataan tersebut, 64 responden (38%) sangat setuju, 14 responden (8%) kurang setuju, dan 1 responden (1%) tidak setuju.

Grafik yang ketiga merupakan grafik yang menunjukan tanggapan responden atas rencana pengelola parkir bandara untuk merelokasi lahan parkir inap ke depan gedung Garuda Maintenance Facility (GMF), tempat dimana damri terparkir. Sebanyak 75 responden (44%) setuju atas rencana tersebut. 57 responden (34%) kurang setuju, 22 responden (13%) setuju, 7 responden (4%) tidak setuju dan sebanyak 2 responden (1%) sangat tidak setuju dengan rencana tersebut.

Grafik yang terahir merupakan grafik kebutuhan fasilitas yang diinginkan oleh para responden, reponden dapat memilih lebih dari 1 opsi jadi presentasenya melebihi 100%. Kebanyakan responden menginginkan peningkatan system keamanan yang ada (sebanyak 103 responden, 63%), kemudian disusul dengan pemberian asuransi ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan kendaraan karena kelalaian pihak bandara (sebanyak 90 reponden, 55%), selanjutnya memperluas lahan parkir inap serta kapasitasnya diperbanyak (sebanyak 74 responden,45%), yang keempat adalah membangun atap untuk seluruh lahan parkir inap untuk melindungi kendaraan dari hujan dan panas matahari (sebanyak 61 responden, 37%), kemudian yang terahir adalah menambah personel untuk menjaga keamanan parkir inap (sebanyak 45 responden, 28%).

Data-data tersebut merupakan laporan sementara kami yang akan kami perbaharui lagi pada minggu berikutnya. Laporan ini disusun oleh diarsysri dan devy sulianty, penyebaran kuisioner dilakukan oleh vina dan tryas.

Berikut merupakan link kuisioner kami, bagi anda yang pernah atau sering menggunakan lahan parkir inap silahkan isi kuisioner kami, link: https://t.co/IXXBsnUG

Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s