Buru prestise, Dua Maskapai Nasional Kejar Sertifikat Internasioal


Nama : Yudha Pranata

Nim     : 224109344

Kelas : S1 MTU C

Tugas ketiga GH2

 

Buru prestise, Dua Maskapai Nasional Kejar Sertifikat Internasioal

Dua maskapai penerbangan nasional, yaitu PT Metro Batavia (Batavia Air) dan PT Merpati Nusantara Airlines (Merpati Airlines), akan berburu serifikat internasional untuk meningkatkan prestise sekaligus pengakuan dari dunia internasional. Maskapai Batavia Air ingin mendapatkan sertifikat IOSA (IATA Operational Safety Audit) dari IATA. Sedangkan maskapai Merpati Airlines ingin mendapatkan sertifikat dari European Aviation Safety Agency (EASA) untuk mutu perawatan pesawat di Merpati Maintenance Facility (MMF).

Menurut saya langkah yang dilakukan oleh Batavia Air & Merpatii Airlines itu sangatlah bagus. Hal itu untuk menunjukan kepada dunia bahwa Airlines di Indonesia sudah cukup siap untuk melayani penerbangan internasional dan juga, agar Airlines Indonesia tidak ketinggalan pamor dengan Airlines negara tetangga yang semakin berkembang.

Berdasarkan artikel yang saya baca, tujuan PT Batavia Air untuk mendapatkan sertifikat IOSA IATA adalah untuk memenuhi persyaratan mengikuti tender pengangkutan haji yang dilakukan Kementrian Agama.

 

 

Sekali lagi saya katakan bahwa ini adalah usaha yang bagus dari pihak Batavia,  karena untuk membantu permasalahan pengangkutan calon jemaah haji yang setiap tahunnya semakin bertambah, sedangkan untuk saat ini maskapai yang melayani keberangkatan calon jemaah haji hanya PT Garuda Indonesia Airlines. Apabila Batavia berhasil untuk mendapatkan sertifikat IOSA IATA , maka calon jemaah haji tentunya sangat senang karena calon jemaah haji tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengantri pergi haji. Berdasarkan hal yang saya tahu, bahwa waktu antri yang diperlukan oleh calon jemaah haji adalah minimal 5 tahun untuk ONH biasa , sedangkan untuk ONH plus waktu yang diperlukan minimal 2 tahun.

2 thoughts on “Buru prestise, Dua Maskapai Nasional Kejar Sertifikat Internasioal

  1. Sistem evaluasi yang diakui secara internasional dan diterima. Dirancang untuk menilai pengelolaan dan pengendalian sistem operasional sebuah maskapai penerbangan. Kualitas IOSA itu prinsip-prinsip audit yang dirancang untuk melakukan audit dengan cara standar.

    Manfaat
    Dengan pelaksanaan dan penerimaan internasional IOSA, maskapai penerbangan dan regulator mempunyai manfaat sebagai berikut:
    Penurunan biaya dan persyaratan audit sumber daya untuk penerbangan dan regulator
    Terus menerus memperbarui standar untuk mencerminkan revisi peraturan dan evolusi praktek terbaik dalam industri Suatu audit mutu program di bawah pengawasan terus-menerus dari organisasi audit IATA
    Terakreditasi dengan terlatih secara formal dan auditor berkualitas
    Terakreditasi dengan pelatihan auditor terstruktur
    Penghapusan daftar standar redundansi audit melalui laporan audit
    Pengembangan laporan audit program pelatihan auditor
    untuk maskapai industri

    http://www.iata.org/ps/certification/iosa/Pages/index.aspx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s