Airport Tax Bandara Soetta Rentan Korupsi?


Airport Tax Bandara Soetta Rentan Korupsi?

NAMA  : WISNU HANDOYO

NIM      : 224107257

KELAS : C

Tugas Ke: 3
Saya beserta keluarga (4 orang) pulang dari Yogyakarta pada tanggal 10 September 2011 menggunakan pesawat Garuda GA126 tujuan Jakarta. Seperti biasa saya melakukan check-in dan membayar airport tax untuk 4 orang @ Rp 40.000,- senilai Rp 160.000,- kepada petugas check-in counter Garuda.

 

Sampai di rumah saya iseng melihat boarding pass dan ternyata hanya mendapati 2 stiker PJP2U sebagai tanda sudah membayar airport tax. Kemana stiker yang dua lagi?

Mungkin petugas check-in lupa atau kehabisan, tetapi kenapa ketika masuk ke Gate F4 kami tidak ditanya. Padahal disana ada pengecekan boarding pass dan kartu identitas. Apakah ini kesalahan Garuda atau Angkasa Pura II? Saya juga tidak mengerti.

 

Saya bukan mempermasalahkan soal uangnya, tapi menyayangkan kalau yang saya bayar diambil sama orang yang tidak berhak. Saya melihat pembayaran airport tax di check-in counter Garuda memang rawan penyelewengan, karena tidak ada verifikasi airport tax ketika akan masuk ke Gate. Setahu saya yang diverifikasi menggunakan scanner hanya barcode di boarding pass saja, tidak ada verifikasi scanner untuk airport tax.

 

Tinggalkan Balasan

