Fakta Burung Menjadi Masalah di Dunia Penerbangan


NAMA : RUTH FITRIANI
NIM : 224109321

TUGAS GH KE 3

Fakta Burung Menjadi Masalah di Dunia Penerbangan

Burung merupakan jenis hewan yang mempunyai kemampuan terbang tinggi di angkasa, dan menjadi salah satu alasan bagi orang zaman dahulu yang ingin dapat terbang seperti burung tapi pada kenyataannya burung menjadi satu penyebab terjadinya kecelakaan bagi pesawat udara. Saya yakin tidak semua mahasiswa mahasiswi  STMT TRISAKTI mengetahui informasi bahwa burung dapat menimbulkan masalah bagi pesawat yang akan melakukan take off. Kawanan burung yang bertabrakan dengan pesawat yang disebut dengan bird strike, atau bird hit, atau BASH – Bird Aircraft Strike Hazard.

Apabila ada benda yang masuk ke dalam mesin jet, maka pecahan dari benda yang masuk tersebut dapat merusak keseluruhan mesin pesawat. Sehingga pada saat pesawat take off hal tersebut dapat menimbulkan resiko yang sangat besar, sebab masih berada pada ketinggian yang banyak terdapat burung. Ancaman yang paling utama pada kasus bird strike adalah pada pesawat jet. Bahaya lainnya adalah jika burung tersebut menabrak kaca depan/windshield. Sebab kaca depan pesawat dapat pecah dan melukai penerbangnya. kawanan burung menabrak mesin dan kaca depan.

 

 

http://zonateknologi.wordpress.com/page/11/

 

 

 

 

    Mesin pesawat                                            Bagian kaca depan pesawat

 

 

Gambar petugas bandara yang sedang melakukan pengusiran terhadap burung-burung yang berada di runway dan dapat mengganggu kegiatan penerbangan.

Untuk mengusir burung di beberapa bandar udara di luar negeri petugas bandara akan memasang perangkat pengusir burung yang cara kerjanya adalah dengan membunyikan pengeras suara yang menghasilkan suara pemangsa burung-burung yang ada di sekitar bandar udara. Dengan cara tersebut diharapkan burung-burung tersebut akan pergi ketempat lain dan akan menghindar dari tempat tersebut.

Bandar udara pun melakukan pengusiran burung-burung tersebut tidak menggunakan alat-alat yang cangih, hanya dengan menggunakan senapan yang ditembakan ke angkasa dengan suara yang keras hanya untuk menakuti burung-burung tersebut. Hal ini biasanya dilakukan pada saat pesawat belum landing.

PALEMBANG – Pesawat Garuda Indonesia GA115 terpaksa mendarat kembali di Bandara International Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II sekira pukul 10.00 WIB tadi. Mesin pesawat kemasukan burung. Pesawat dari Palembang dengan tujuan Jakarta ini sempat terbang sekira 30 menit. Namun dengan alasan keselamatan penerbangan, pilot memutuskan RtB (return to base). Senin (12/3/2012).

http://berita.plasa.msn.com/nasional/okezone/article_old.aspx?cp-documentid=5985052

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s