PELAYANAN BANDARA BAGI ANAK-ANAK


Nama: Suci Nurfitriani

NIM: 2241-09-049

Kelas: C

Tugas Ground Handling Ketiga

PELAYANAN BANDARA BAGI ANAK-ANAK

            Di setiap negara tidak mungkin memiliki fasilitas yang menunjang bagi para anak-anak. Sebenarnya hal sekecil ini harus di perhatikan bagi pengelola bandara, karena apabila ada keterlambatan pesawat, anak-anak tidak merasa bosan dengan suasana ruang tunggu yang hanya mempunyai fasilitas tempat duduk saja, namun sebaiknya memiliki fasilitas lain bagi keluarga yang melakukan penerbangan, khususnya anak-anak, seperti tempat bermain anak agar pada saat terjadi keterlambatan, anak-anak tidak hanya duduk diam dengan kebosanan, namun mereka dapat bermain layaknya taman bermain anak.

Dari sekian banyak bandara yang terdapat di berbagai negara, hanya ada empat bandara yang dapat menunjang kesenangan bagi anak-anak untuk menunggu keberangkatan terutama apabila mengalami keterlambatan, diantaranya di Changi Airport, Singapura terdapat taman tropis buatan yang dilengkapi air terjun buatan. Selain itu, ada bandara Schippol di Amsterdam, Belanda yang merupakan salah satu bandara Eropa yang menyediakan berbagai permainan bagi anak-anak bertema “Kids Forest Playzone”. Selain Schipol, Bandara Copenhaggen menyediakan toko mainan Leggo terbesar yang di bangun untuk anak-anak bermain dan menguji kreatifitas dengan bermain leggo. Sedangkan bandara terakhir yang menyediakan fasilitas yang terbaik untuk anak-anak adalah bandara Seattle-Tacoma di Amerika Serikat yang memiliki taman bermain anak yang bertema penerbangan. Selain itu, bandara ini juga di lengkapi dengan nursery room atau ruangan untuk menyusi bagi para ibu.

Dari keempat bandara di atas, sangat di sayangkan bagi Indonesia sebagai salah satu negara terbesar di dunia tidak memiliki fasilitas bagi anak-anak. Keberadaan negara Singapura yang hanya kepulauan kecil, mampu mengalahkan Indonesia dengan memiliki inovasi yang lebih tinggi yang memperhatikan anak-anak untuk kenyamanan menggunakan bandara. Perlu perhatian khusus untuk kenyamanan bandara Soekarno-Hatta maupun bandara Internasional lainnya yang terdapat di Indonesia untuk membuat taman bermain agar anak-anak tidak merasa jenuh untuk menunggu penerbangan. Janganlah terlampau jauh dari negri Singa di sebrang sana yang hanya kepulauan kecil itu, mampu memperhatikan kesenangan bagi anak-anak. Tidak perlu lahan luas untuk membangun taman bermain anak di setiap ruang tunggu, namun kebahagiaan anak-anak di setiap menunggu lah yang merupakan hal kecil namun bisa memuaskan setiap keluarga untuk selalu merasa senang melakukan perjalanan dan menunggu di ruang tunggu bandara.

 

 

One thought on “PELAYANAN BANDARA BAGI ANAK-ANAK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s