PENYEBAB , DAMPAK DAN CARA PENCEGAHAN KAWASAN KEBISINGAN YANG TERJADI DI BANDAR UDARA.


Nama             : Muhammad Dwi Iskandar Zulkarnain

Nim                 : 224109322

Kelas              : S1 MTU C Ground Handling

Tugas GH ke 3

PENYEBAB , DAMPAK DAN CARA PENCEGAHAN KAWASAN KEBISINGAN YANG TERJADI DI BANDAR UDARA.

Dalam karya tulis ketiga ini, saya akan menulis mengenai penyebab kawasan kebisingan yang terjadi di bandara , dampak dari kawasan kebisingan tersebut terhadap lingkungan sekitar bandara serta cara pencegahannya.

Industri penerbangan dalam pengelolaannya memiliki banyak resiko bagi lingkungan sekitar, salah satunya adalah kebisingan tersebut. Kebisingan diakibatkan dari adanya kegiatan operasional bandar udara seperti aktivitas kendaraan dan pesawat udara yang melintas disekitar daerah bandar udara, serta pengaruh dari gelombang suara mesin pesawat dapat mengakibatkan kebisingan. Bukan hanya karena hal tersebut, namun kebisingan dapat diakibatkan adanya pergerakan pesawat di darat maupun di udara serta saat pesawat udara menghidupkan mesin dalam rangka pengetesan mesin. Lantas seperti apakah dampak dari kebisingan tersebut bagi lingkungan sekitar ? Saya akan membahasnya.

Kawasan kebisingan yang terjadi disekitar bandara dapat menggangu kesehatan masyarakat yang tinggal disekitar bandara, serta dapat mengganggu ketentraman manusia maupun hewan dan lingkungan. Dari beberapa artikel yang saya baca di internet yaitu erabaru.net dan okezone.com, kebisingan dapat mengganggu pendengaran bagi manusia yang tinggal dekat dengan bandara dan juga dapat menaikkan tekanan darah secara permanen. Serta yang saya baca dari buku MANAJEMEN PERENCANAAN BANDAR UDARA karya Dr. Hadi Suharno, S.E, MM, kebisingan juga dapat mengganggu aktivitas kegiatan sosial masyarakat dan juga mengganggu lingkungan ekosistem bagi bintang dan hewan.

Bagaimana cara pencegahan terhadap tingkat kebisingan ? Menurut saya,bandara harus jauh dari lingkungan masyarakat. Harus adanya peraturan yang baik demi terciptanya lingkungan yang kondusif.

Semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s