Perbandingan transportasi antar terminal di bandara Soekarno Hatta dengan bandara Changi di Singapore


Nama : Sela

NIM : 224109070

Kelas : C

Tugas GH II yang ke 3

 

Perbandingan transportasi antar terminal di bandara Soekarno Hatta

 dengan bandara Changi di Singapore

            Sebagai bandara bertaraf Internasional, saya rasa sudah seharusnya setiap bandara memiliki transportasi darat antar terminal. Lain hal dengan bandara Soekarno Hatta, banyaknya penumpang dari luar negeri yang hendak berkunjung ke daerah lain di Indonesia kadang mengalami kesulitan saat berpindah terminal, karena pilihan alat transportasi umum yang terbatas, yaitu hanya ada taksi dan bus Damri. Sedangkan sebagai bandara internasional, seharusnya bandara kita telah di lengkapi dengan alat transportasi antar terminal 1, 2, dan 3 untuk mempermudah dan menghemat waktu penumpang saat ingin berpindah terminal. Ketiadak adaaan akses inilah yang membuat bandara kita menjadi tertinggal diantara bandara internasional lain di asia seperti misalnya bandara Changi di Singapore.

Sedangkan berbeda jauh dengan bandara Soekarno Hatta, bandara Changi di Singapore telah di design dengan 3 terminal utama yang sengaja dibuat berdekatan sehingga memungkinkan penumpang dapat berjalan kaki antar terminal dengan santai, selain itu bandara ini juga di lengkapi dengan Sky Train sehingga dapat membantu penumpang berpindah antar terminal dengan lebih nyaman dan dapat menghemat waktu.  Ada pula free shuttle bus yang di sediakan setiap 20 menit sekali. Dan terakhir bandara ini juga terhubung dengan jaringan Mass Rapid Transit (MRT) atau kereta bawah tanah yang dapat di akses langsung melalui terminal 2 dan 3 menuju pusat-pusat kota.

Oleh sebab itu maka jelas sekali terlihat perbedaan yang signifikan antara kedua bandara tersebut walaupun sebenarnya kedua bandara itu sama- sama berada pada taraf bandara kelas Internasional. Dari beberapa artikel yang saya baca PT Angkasa Pura II menngatakan baru akan memperbaiki ketertinggalan bandara Soekarno Hatta dengan pembangunan grand design yang akan diwujudkan 2014 nanti  dengan salah satu contoh perencanaan kereta api dari Manggarai ke bandara dan ada juga kereta yang kecil tanpa awak yang hanya bertugas khusus mengantar penumpang ke terminal 1, 2, 3 dan  juga ke pusat perbelanjaan (shopping centre) yang berada di  bangunan penghubung (integrated building).

Semoga saja rencana yang telah dibuat oleh pemerintah beserta PT Angkasa Pura II dapat benar-benar terealisasi sehingga dapat memperbaiki beberapa ketertinggalan bandara Soekarno Hatta sebagai sebuah bandara berkelas Internasional yang benar-benar berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s