Kurangnya SDM dalam industri penerbangan


Kurangnya SDM Dalam Industri Penerbangan

Nama           : Fransiscus Sigit Wicaksono

Nim              : 224109075

Kelas            : C

Tugas GH ke 3

 

Saya sempat membaca beberapa berita dan artikel mengenai rencana pemesanan sejumlah armada pesawat udara oleh beberapa maskapai penerbangan seperti Lion Air. Hal ini sangat menarik untuk dibahas, karena pemesanan atau penambahan armada pesawat dalam jumlah besar ini tidak di imbangi dengan penambahan SDM atau awak kabin maskapai itu sendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa dengan jumlah armada yang sudah ada saat ini saja masih banyak masalah-masalah klasik yang terjadi akibat terbatasnya awak kabin.

Jika dilihat dari sisi positif memang penambahan armada pesawat ini cukup baik karena dengan penambahan armada ini menunjukan bahwa pertumbuhan industri penerbangan di Indonesia berkembang dengan cukup pesat, namun disamping itu harus diperhatikan juga dari segi sumber daya manusianya juga apakah SDM yang ada sudah cukup mengimbangi pertumbuhan industri penerbangan atau belum. Memang saat ini sudah banyak sekolah-sekolah penerbangan yang dapat menghasilkan output bagi industri penerbangan, namun pada kenyataannya banyak pula dari output itu yang belum siap atau mampu berkecimpung di industri penerbangan dengan baik, dalam arti lulusan sekolah-sekolah penerbangan masih banyak yang hanya lulus untuk sekedar formalitas pendidikan tanpa kesiapan kerja yang matang.

Kurangnya SDM tentu akan berdampak buruk bagi industri penerbangan maupun maskapai itu sendiri, seperti yang terjadi saat ini, untuk menyiasati kurangnya SDM pihak maskapai penerbangan banyak yang menambah jam terbang para awak kabin sehingga jam kerja mereka menjadi tidak wajar lagi. Tentu ini akan sangat membahayakan penumpang, karena para awak kabin bekerja di atas ketinggian dengan oksigen yang terbatas ditambah lagi faktor kelelahan karena jam terbang yang tidak wajar, ini akan mengurangi tingkat konsentrasi bekerja para awak kabin. Oleh karena itu perkembangan industri penerbangan harus juga diikuti oleh kemajuan sumber daya manusianya agar keselamatan di dunia penerbangan dapat lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s