Analisa Pembelian Tiket Pesawat Melalui Calo di Terminal 1 Bandara International Soekarno Hatta Jakarta (PART IV)


Kelompok 8

Nama Ketua              : Rusnah Indah Cahyati,    (224109310)

Nama Anggota         : Devi Kusuma Wardani     (224109098)

Rina Nur Wijayanti                        (224109099)

Fitrio Apriliando                  (224109018)

Kelas                           : ZU 09

Laporan Tugas Mandiri Ground Handling 2 :

LANDASAN TEORI

  1. A.   Pengertian Pengangguran

Menurut R.Prathama dan M.Mandala dalam buku Pengantar Ilmu Ekonomi (2008;bab19;hal 375-376) pengangguran adalah seseorang yang ingin bekerja dan telah berusaha mencari kerja, namun tidak mendapatkannya.

Sedangkan menurut S.A. Paul dan N.D. William dalam buku Ekonomi (1989;bab11;hal 291) pengangguran merupakan orang yang menganggur karena ia memilih untuk tidak bekerja dengan tarif yang sedang berlaku. Dalam hal ini, pekerja yang menganggur lebih memilih pada kenikmatan atau kegiatan-kegiatan bukan pasar dari pada bekerja dengan tingkat upah yang berlalu.

Berdasarkan definisi diatas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa yang dimaksud pengangguran adalah seseorang yang tidak mempunyai pekerjaan karena orang tersebut lebih memilih untuk tidak mengambil pekerjaan tersebut disebabkan gaji yang ditawarkan tidak sesuai dan orang tersebut masih proses mencari pekerjaan lain.

  1. B.   Pengertian Tiket

Menurut UU No 1 tentang Penerbangan Pasal 1 ayat 27, tiket adalah dokumen berbentuk cetak yang diproses elektronik dan bentuk lainnya yang merupakan salah satu alat bukti adanya perjanjian angkutan udara antara penumpang dan pengangkut, dan hak penumpang untuk menggunakan pesawat udara atau diangkut dengan pesawat udara.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Hal 876) tiket adalah surat atau karcis untuk naik kapal, pesawat udara, kereta api dan sebagainya.

Berdasarkan definisi dari berbagai sumber diatas tentang tiket, maka penulis dapat menyimpulkan tiket adalah dokumen tanda bukti yang menyatakan adanya perjanjian antara penyedia dan pengguna jasa di dalam pengangkutan ke berbagai tujuan yang telah disepakati.

 

  1. C.   Pengertian Perilaku Konsumen

Menurut Nugroho Adi. Perilaku Konsumen (2002), perilaku konsumen adalah gaya hidup yang didefinisikan sebagai bentuk dan cara manusia hidup, penggunakan waktu dan uang. Mereka adalah suatu fungsi motivasi konsumen. Pembelajaran, kelompok / strata sosial, faktor-faktor demografis dan banyak lagi faktor-faktor/ variabel lain. Psychograpics adalah tehnik pokok yang digunakan para peneliti konsumen sebagai suatu alat untuk mengukur gaya hidup.

Sedangkan menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.

Definisi yang telah didapat dari kedua sumber diatas tentang perilaku konsumen, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa perilaku konsumen adalah suatu sikap seseorang di dalam mengambil keputusan untuk menggunakan produk dan jasa yang ditimbulkan akibat suatu kebutuhan dan rasa keinginan untuk memperoleh produk dan jasa. Sesuai perkembangannya perilaku konsumen saat ini telah menjadi pola gaya hidup bagi kebanyakan orang dan menjadi suatu hal yang penting sehingga harus diperhatikan oleh para pelaku ekonomi agar dapat mengetahui perkembangan dari perilaku konsumen tersebut.

Pelaku ekonomi harus dapat melihat apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen saat ini agar dapat membuat suatu produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan masyarakat. Jika hanya membuat suatu inovasi produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat saat ini, produk yang ditawarkan akan sulit untuk diserap oleh masyarakat.

Keinginan dan kebutuhan seseorang yang berbeda – beda akan suatu pelayanan jasa menjadi sebuah kesempatan bagi calo untuk memenuhinya. Para calo dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan para pengguna jasa transportasi udara dimana para konsumen tersebut memiliki waktu yang terbatas untuk mengurus dokumen perjalanannya seperti tiket serta keinginan konsumen yang ingin serba beres. Bagi mereka, jasa yang ditawarkan oleh calo sangat membantu dalam perjalanan mereka jika dilihat dari sisi positifnya, apalagi jika penumpang tersebut belum pernah menggunakan transportasi udara sehingga belum paham mengenai prosedur yang harus dijalani sebelum berangkat. Akan tetapi, jika dilihat dari sisi negatifnya keberadaan calo ini sangat meresahkan karena mereka tidak hanya menjual tiket dengan data penumpang yang sesuai dengan fisiknya tetapi juga menjual tiket dengan data penumpang yang berbeda sehingga akan menimbulkan masalah bagi penumpang tersebut nantinya.

Apabila ditelusuri keberadaan calo ini merupakan dampak dari pengangguran yang meningkat, sulitnya memperoleh pekerjaan dan upah atau gaji yang ditawarkan tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari – hari membuat masyarakat mengambil jalan pintas untuk memperoleh pendapatan yang dapat mencukupi kebutuhan mereka. Terbatasnya lapangan kerja yang tersedia serta persyaratan mulai dari pendidikan hingga usia maksimum yang ditentukan oleh perusahaan atau instansi membuat semakin sulitnya untuk memperoleh pekerjaan, apalagi mereka harus bersaing dengan orang – orang yang memiliki pendidikan yang lebih tinggi.

 

One thought on “Analisa Pembelian Tiket Pesawat Melalui Calo di Terminal 1 Bandara International Soekarno Hatta Jakarta (PART IV)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s