GH II Kelompok 6 PENERAPAN DELIVERY BAGGAGE SERVICE DI BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA (Part 3)


Kelompok 6

Ketua             : Nabila Rachmadina (2241-09-332)

Anggota         : Fifi Shofiyah (2241-09-005)

                          Dyana Natalia (2241-09-103)

                          Fitria Chandra (2241-09-269)

PENERAPAN DELIVERY BAGGAGE SERVICE DI BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA

1.    LANDASAN TEORI

A.   Service

     Menurut Ahman Sutardi & Endang Budiasih, Service adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang secara memuaskan. Sedangkan menurut Mohd Rozani Pawan Chek, Service adalah merupakan gabungan dari selling (menjual), emphasis (menenkankan), return (timbal balik), Visit (mengunjungi), Increase (menambah atau meningkatkan), commitment (mengikatkan diri), dan earn (penghasilan).

B.   Pengiriman Barang

Kirim; mengirim diartikan sebagai menyampaikan barang dari suatu tempat ke tempat lain; memindahkan sesuatu ke tempat lain, agar diterima orang di tempat tersebut.1

  1. KBBI:2010

 Barang diartikan benda, sesuatu yang berwujud benda cair, benda keras dsb.2

“Pengiriman  Barang “ Secara  umum adalah segala  upaya yang diselenggarakan  secara  sendiri  atau  bersama-sama  dalam  suatu  organisasi untukmemberikan pelayanan  jasa  berupa pengiriman barang.3

 

C.   Bagasi

“Bagasi” diartikan sebagai barang-barang muatan (kereta api dsb); gerbong kereta api tempat memuat barang-barang ; para-para besi tempat menaruh barang (di sepeda dsb); tempat khusus untuk barang-barang (dlm mobil). 4

 

D.   Perilaku Konsumen

a. “Gaya hidup didefinisikan sebagai bentuk dan cara manusia hidup, penggunaan waktu dan uang. Mereka adalah suatu fungsi motivasi konsumen, pembelajaran, kelompok / strata social, faktor-faktor demografis dan banyak lagi factor-faktor / variable-variabel lain. Psychograpics adalah teknik pokok yang digunakan para peneliti konsumen sebagai suatu alat untuk mengukut gaya hidup.” 5(Nugroho, Adi. Perilaku Konsumen. April 2002. Studia Pres, Jakarta.)

b. “Budaya didapatkan manusia melalui proses pembelajaran dan bukan merupakan bawaan lahir, budaya mempunyai dampak yang luas terhadap perilaku karena kompleknya kehidupan modern, budaya jarang memberikan tata cara yang detail untuk perilaku. Namun, budaya memberikan batasan-batasan dimana  kebanyakan individu berpikirdan bertindak. Dengan ini kita menyadari bahwa budaya mempengaruhi perilaku kita.” 5(Nugroho, Adi. Perilaku Konsumen. April 2002. Studia Pres, Jakarta.)

        2. KBBI:2010

        3. http://storage.jakstik.ac.id/students/paper/penulisan%20ilmiah/30402278/BAB%20II.pdf

        4. KBBI:2010

        5. (Nugroho, Adi. Perilaku Konsumen. April 2002. Studia Pres, Jakarta.)

c. Eksekutif tingkat tinggi perlu menyediakan waktu makan banyak dari hari kerjanya, untuk membuat rencana dan berpikir, tetapi kini hanya 5,7% dari waktu mereka tersita untuk kegiatan ini. 6(Coulter, Borden M. dan Geoge E. Hayo)

E.   Sistem Strata Sosial

Sebuah system strata social dapat didefinisikan sebagai: “Suatu bagian hirarki social dalam grup-grup yang berbeda dan grup-grup yang sama dan terkait dengan sikap, nilai dan gaya hidup.” 7 (Hamkins, Best dan Coney, 1983)

6(Coulter, Borden M. dan Geoge E. Hayo)

7(Hamkins, Best dan Coney, 1983)\

2.    PEMBAHASAN TEORI

 

    Dari teori yang kami dapat diatas, bahwa. Di zaman yang modern dan berkembang seperti saat ini sangat berpengaruh pada perilaku konsumen yang semakin hari semakin menginginkan kemudahan. Berawal dari perilaku konsumen itu sendiri yang sekarang ini lebih menyukai gaya hidup yang serba praktis, efektif, cepat, serta efisien semua itu juga tidak lepas dari pengaruh lingkungan sekitar, strata sosial serta pengaruh dari budaya barat. Mereka yang memiliki mobilitas tinggi untuk bepergian membutuhkan pelayanan atau service yang sangat baik agar bisa menunjang kebutuhan mereka. Pelayanan yang dibutuhkan tidak hanya sekedar pelayanan yang biasa-biasa saja, tetapi pelayanan yang bersifat menyeluruh.

      Sebagai contoh dalam praktek bepergian yang dilakukan oleh para penumpang yang membawa bagasi, mereka sangat memerlukan service yang lengkap dan memudahkan mereka. Mulai dari mereka berangkat hingga kembali pulang ke tempat asal. Mereka bisa menggunakan jasa pengiriman bagasi (Delivery Baggage) ini karena bagasi yang mereka bawa terlalu berat ataupun banyak. Sehingga mereka kesulitan dalam membawa barang bawaan nya, dengan begitu mereka dapat memanfaatkan pelayanan pengantaran/pengiriman bagasi. Hal ini dapat menambah nilai efisiensi waktu yang mereka miliki. Selain itu barang bawaan mereka juga dapat dengan mudah ditangani oleh layanan siap antar kemanapun dan kapanpun dan yang dijamin keamanannya, yaitu Delivery Baggage Service.

      Perlaku konsumen yang menyangkut gaya hidup dan budaya manusia sangat berpengaruh pada pelayan ini. Selain itu juga pelayanan bagasi ini juga dapat sangat bermanfaat bagi eksekutif tingkat tinggi yang sangat menghargai ketepatan waktu dan pelayanan yang maksimal.  Oleh karena itu kami mengambil teori-teori diatas yang terkait dengan judul yang kami ambil dalam melakukan survey online di tugas kali ini.

3.    PEMBAGIAN TUGAS

 

1.    Nabila Rachmadina : Menyusun kutipan dari kumpulan-kumpulan referensi yang didapat. Mencari buku yang berhubungan dengan judul yang kelompok kami buat untuk di jadikan referensi.

2.    Dyana Natalia           : Melengkapi dan menambahkan referensi yang sudah didapat. Dan menganalisis ke dalam bahasa sendiri

3.    Fifi Sofiyah                  : Melengkapi dan menambahkan referensi yang sudah didapat. Melakukan analisis dengan menggunakan bahasa sendiri.

4.    Fitria Chandra            : Mencari buku-buku untuk di jadikan referensi dalam tugas mandiri kali ini. Menganalisis dari keseluruhan referensi yang didapat dari beberapa buku.

One thought on “GH II Kelompok 6 PENERAPAN DELIVERY BAGGAGE SERVICE DI BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA (Part 3)

  1. teori tentang bagasi mana? banyak teori tapi kurang relevan nih, bagasi angkutan udara lho bukan bagasi secara umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s