GROUND HANDLING KELOMPOK 2 (PART 3)


Nama Kelompok :

  1. Herny Puspitasari (224109277)
  2. Marlinda Putri Santoso (224109276)
  3. Silvi Nur Octavia (224109123)
  4. Tia Aulia Athar (224109092)

Kelas : ZU 09

Untuk laporan tugas minggu ini kami ditugaskan untuk mencara teori atau referensi yang terkait dengan judul yang telah kami ambil dan telah kami bahas sebelumnya, yaitu tentang rencana penutupan pintu alternatif (M1) Bandara Soekarno-Hatta. Beberapa teori yang kami dapat dari beberapa buku antara lain seperti berikut ini :

  1. “It is, of course, necessary to provide adequate access between any airport and the region it serves. This is usually done by building short connection between the airport and the metropolitan highway network. Passengers, employees, and the vehicles can then get to and from the airport using any of the broad array of automotive means of transport available in the area: cars, busses, taxis, truck, and so on.” Dikutip dari buku berjudul ‘Airport Systems Planning’ yang terdapat pada halaman 80. buku tersebut dikarang oleh Richard De Neufville.

      Terjemahan dari kutipan teori di atas dapat digambarkan seperti berikut:    “Diperlukan akses yang memadai antara bandara dan daerah yang             dilayaninya. Hal ini biasanya diselesaikan dengan membangun koneksi    yang cepat antara bandara dengan akses tol dalam kota. Para       penumpang, pekerja bandara, dan lain-lain dapat menuju bandara dengan          berbagai moda transportasi yang telah tersedia di daerah tersebut, seperti          mobil, bus, taksi, dan lain-lain.”

  1. “Kajian dan analisis dampak sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat sangat pentingdilakukan guna mengetahui masalah sosial dan ekonomi serta budaya masyarakat setempat. Hal-hal yang perlu dikaji dan dianalisis antara lain: tingkat sosial ekonomi masyarakat; budaya masyarakat wilayah di mana Bandar udara dioperasikan; status masyarakat; mata pencaharian; potensi ekonomi wilayah; PDRB wilayah/provinsi/kabupaten/kota; aksesibilitas dari dan ke bandara.” Dikutip dari buku Manajemen Perencanaan Bandar Udara halaman 49, karangan Dr. Hadi Suharno, S.E., M.M.

Dari kedua kutipan teori di atas kelompok kami pun dapat menganalisis melalui hubungan sebab akibat antara teori-teori tersebut dengan judul pembahasan kelompok kami. Dari kedua teori tersebut dapat disimpulkan bahwa penting adanya suatu akses yang dapat melayani kepentingan pengguna jasa bandara agar selalu merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak bandara. Dalam teori tersebut memang tidak dijelaskan tentang pentingnya keberadaan suatu pintu alternatif untuk masuk ke sebuah bandara, akan tetapi adanya poin yang menyatakan bahwa perlunya akses yang memadai untuk mencapai bandara bisa berhubungan dengan adanya pintu masuk alternatif dapat lebih memudahkan pengujung bandara untuk sampai ke bandara. Memang tidak bisa dipungkiri, keberadaan pintu masuk utama yang terhubung langsung dengan tol dalam kota Jakarta masih lebih diminati pengunjung untuk menuju bandara, tetapi alangkah lebih baiknya jika pintu masuk alternatif tetap dipertahankan mengingat masih terdapat kegunaan yang bisa dirasakan.

Dengan demikian, jika dirasa keberadaan pintu alternatif masih diperlukan tetapi pihak Bandara Soekarno-Hatta tetap ingin menjadikannya kembali sebagai wilayah restricted public area yang jika melewatinya harus memiliki izin terlebih dahulu, atau dengan kata lain ingin tetap menutup pintu M1 untuk masyarakat umum, menurut kelompok kami akan lebih baik jika dibuatkan pintu masuk alternatif yang baru guna memenuhi kebutuhan semua pihak, khususnya pihak-pihak yang biasa menggunakan pintu M1 tersebut dalam upaya memenuhi keinginan dan kepentingan masyarakat pengunjung Bandara Soekarno-Hatta agar lebih memudahkan akses dari dan ke bandara bagi masyarakat yang tempat tinggalnya berdekatan dengan lokasi pintu masuk alternatif (M1) Bandara Soekarno-Hatta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s