Identifikasi Persepsi Masyarakat Tentang Pelayanan Bandara International Soekarno Hatta tahun 2012(tugas KE-4)


LAPORAN  KELOMPOK  5  kelas D

Identifikasi Persepsi Masyarakat Tentang PelayananBandara International Soekarno Hatta tahun 2012.

Tugaas ke 4

Yuzar Achmad Rivai             224109291

Iis Fransiska                         224109262

Muhammad Eka Prasetyo   224109298

Ahmad faqih                          224105101

 

  1. Landasan Teori

Dr. Hadi Suharno, SE, MM ( 2009 : 3 ) Bandar udara sebagai salah satu sub sistem transportasi udara pengelolanya terikat pada prinsip – prinsip penyelengaraan bandar udara dengan tugas utama meliputi :

  1. Memberikan pelayanan kepada pengguna jasa
  2. Merawat fasilitas yang ada, sehingga tingkat pelayanan dapat terjaga ( siap dioperasikan ).

Dr. Hadi Suharno, SE, MM ( 2009 : 8-9 )Pengembangan bandar udara

Kebijakan pengembangan bandara udara memerlukan beberapa pertimbangan baik teknis, operational, politis, ekonomi dan keuangan .

  1. Pertimbangan teknis meliputi perlatan yang dibutuhkan untuk penunjang bandar udara maupun peralatan untuk penunjang penerbangan .
  2. Pertimbangan operational meliputi pertumbuhan permintaan penumpang ( growth in demand )
  3. Pertimbangan politis meliputi kondisi stabilitas negara sangat mempengaruhi pertumbuhan permintaan .
  4. Pertimbangan ekonomi dan keuangan meliputi sumber pembuayaan pembangunan bandara udara baik berupa pinjaman dari luar negeri maupun berasal dari dalam negeri, adanya pertumbuhan ekonomi sehingga peningkatan pendapatan perkapita penduduk yang pada gilirannya meningkatkan permintaan jasa angkutan udara

Pengembangan bandar udara sangat diperlukan salam rangka meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa bandara udara, jika keputusan pengembangan tak segera dilakukan berpotensi :

  1. Kepadatan nandra mengakibatkan berkurangnya tingkat pelayanan pengguna jasa bandar udara.
  2. Mengakibatkan inefficiency dan menambah biaya operational bagi airlines
  3. Menyulitkan pengaturan operational penerbangan baik darat maupun udara

Kebijakan pembangunan dan pengembangan bandar udara baru didasarkan atas beberapa pertimbangan :

  1. Perkiraan pertumbuhan oenumpang
  2. Pertumbuhan ekonomi
  3. Kenaikan pendapatan peunduduk perkapita
  4. Membuka isolasi daerah untuk pemerataan pembangunan
  5. Untuk pertahanan negara.

Menurut Kotler dan Amstrong (2002:13) kepuasan konsumen adalah sejauhmana suatu tingkatan produk dipersepsikan sesuai dengan harapan pembeli.

Kotler ( 2000 ) kepuasan konsimen merupakan tingkat perasaan sesorang setelah membandingkan antara kinerja produk yang ia rasakan dengan harapannya, kepuasan atau ketidak puasan konsumen adalah respon terhadap evaluasi ketidak sesuaian atau diskonfirmasi yang dirasakan anatara harapan sebelum dan kineja aktual produk yang dirasakan setelah pemakaian ( Tse dan Wilson dalam Nasution, 2004 )

Daftar Pustaka

Suharno, Hadi. 2009. Manajemen Perencanaan Bandar Udara. Jakarta: Rajawali Pers.

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/22372/3/Chapter%20II.pdf

 

  1. Pembahasan Teori

Dari landasan teori yang telah kami kumpulkan, kepuasan konsumen erat hubungannya dengan kualitas sebuah barang atau jasa yang diperoleh konsumen tersebut, pada dasarnya konsumen mempunyai sebuah harapan atau espektasi terhadap sebuah produk atau jasa yang akan konsumen gunakan atau beli harapan yang itu muncul dari berbagai factor :

  1. Kebutuhan dan keinginan yang yang berkaitan dengan hal – hal yang dirasakan konsumen ketika sedang mencoba melakukan transaksi dengan produsen .
  2. Pengalaman masa lalu
  3. Pengalaman teman

Dari factor tersebut kami dapat menganalisis apa harapan / espektasi konsumen dan  apakah konsumen puas atau tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan Bandar soekarno hatta

Dari survey yang telah kami lakukan banyak konsumen yang mengingikan bahkan menutut perbaikan pelayanan yang diberikan bandara soekarno hatta.

Dari teori tentang pengembangan bandara, kami akan menganalisis apa saja factor yang harus dipertimbangkan dalam merencanakan pengembangan bandara soekarno hatta dan dampak positif serta negatifnya. Mulai dari perbaikan pelayanan, pengembangan bandara sampai dengan wacana pembuatan bandara baru dijakarta, dari landasan teori yang berasal dari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s