Pesawat Bertenaga Listrik dan Baterai


 Nama   : Margaretha Novalia

NIM    : 224109161

Kelas   : S1 MTU C

Tugas   : GH 4

Pesawat Bertenaga Listrik dan Baterai

Perkembangan dan Kemajuan teknologi akan mengangkat kehidupan ekonomi, sosial, politik, bisnis dan kesejahteraan suatu negara menjadi lebih baik.  Terlebih lagi apabila perkembangan teknologi suatu negara sangat membantu dalam menghemat energi dan Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui yang dikonsumsi oleh masyarakat di dunia. Seperti akhir-akhir ini, bahan bakar minyak atau minyak dunia semakin langka sehingga terpaksa harga minyak dunia tersebut dinaikkan oleh pemerintah setempat yang menurut saya agar menekan tingkat konsumsi bahan bakar minyak oleh masyarakat yang semakin melonjak. Di Indonesia, jumlah kendaraan seperti sepeda motor dan mobil meningkat, hal tersebut dikarenakan pihak penjual dari kendaraan-kendaraan itu menawarkan tingkat bunga kredit yang rendah sehingga hampir semua masyarakat di Indonesia mempunyai kendaraan minimal sepeda motor.

Tidak seperti harga tiket pesawat terdahulu, akhir-akhir ini semakin marak harga tiket murah di dalam dunia penerbangan sehingga aktivitas penerbangan pun meningkat dikarenakan jumlah penumpang yang melonjak.  Sedikit contoh aktivitas-aktivitas tersebutlah yang turut membuat minyak dunia semakin langka. Kita harus mencari jalan keluar untuk lebih menghemat minyak dunia dengan cara mencari sumber tenaga energi lain yang bisa mengganti minyak dunia.

Di Jerman, PC Aero mengembangkan pesawat yang menggunakan perpaduan dari tenaga listrik dan baterai. Pesawat yang bernama Elektra One ini bisa merubah industri penerbangan menjadi lebih maju. Pesawat ini bertenaga listrik dan baterainya diisi dengan sel surya di atap anggar. Dapat terbang selama kurang lebih lima jam dengan baterai penuh, menjangkau hingga 400 hingga 500 Kilometer dan mesinnya jauh lebih tenang dari pesawat kecil biasa. Calin Gologan, PC-Aero mengatakan; “Kami perlu menggabungkan teknologi ini dengan mesin listrik, alat penggerak, dan baterai di sebuah sistem yang optimal. Baterai ini cukup berat dan kami harus mengimbanginya dengan aerodinamika yang sempurna dan struktur yang ringan.” Mereka juga merencanakan membangun taksi udara dalam lima kedepan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s