Fasilitas Pertokoan dan Restoran di Bandara Soekarno-Hatta(tugas ke-4)


TUGAS GH2

NAMA KELOMPOK :

Arviane Pramestia <224109132>

Fazrianti astika       <234110041>

Oki yudha perwira <224105198>

Indang dinani          <224110137>

“Bandara Cengkareng Lebih Bersemangat Membuka Toko”

Peulis    : Edwin dewayana

Sumber : kompas.com

Tahun    : 06 Januari 2012

Pembahasan Referensi :

Perencanaan bandara cengkareng sampai saat ini,kemungkinan besar belum memasukan pemenuhan kebutuhan penumpang dan airline. Perencanaan lebih ke membuat toko-toko dan restoran-restoran dibandara.Kita tahu bahwa hamper semua penerbangan pesawat di tanah air ini dilakukan dijakarta,misalkan dari Lampung ke Manado,maka penumpang harus naik pesawat Lampung – Jakarta,kemudian Jakarta – Manado. Akibatnya? Jutaan penumpang dan ratusan pesawat yang berkongesti di bandara Cengkareng. Akibatnya lagi efisiensi transportasi penumpang tidak efisien secara biaya,waktu,bahan bakar,keselamatan dan lingkungan.

Sedangkan kongesti bandara adalah masalah akibat kelambatan perencanaan dan pelaksanaan pengembangan, dengan alasan apapun misalnya pertumbuhan yang sangat cepat yang tidak diantisipasi, ketiadaan dana pengembang, keterbatasan lahan, dan lain-lain.

Dari sisi – sisi lain juga dapat dilihat dari tertinggalnya teknologi otomatisasi control penerbangan yang dipakai di bandara ini. Sangat jauh bila dibandingkan dengan Changi, KLIA dan Sydney.

Kesimpulan,dengan penumpang lebih dari 40  juta orang pertahun seharusnya bandara Soekarno Hatta memiliki toko atau restoran dan fasilitas lainnya yang lebih layak,walupun di bandara banyak toko dan restoran besar dan mewah,tetapi tetap menyediakan makanan yang relative murah dan layak serta masih berada di dalam bangunan terminal sehingga mudah di jangkau.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s