INDUSTRI PENERBANGAN INDONESIA DIPERTARUHKAN


Nama                          :  Nur  Hadijah

Nim                             :  2241.09.246

Jurusan                     : S1  MTU

 

INDUSTRI  PENERBANGAN  INDONESIA  DIPERTARUHKAN

 

Perkembangan  bisnis   angkutan   udara   di   Indonesia   merupakan   salah   satu   sektor   yang   tinggi   pertumbuhannya  ,  termasuk   pertambahan   jumlah   armada   pesawat  .  Pertumbuhan   ini   harus   diikuti   dengan   pertumbuhan   beberapa   sektor   industri   lain   yang   terkait  ,  termasuk   sumber   daya    manusia , bandara , ground  handling  dan  regulasi  . Kepadatan   bandara   sangat    mengganggu  dan   membahayakan   keselamatan   publik  ,  termasuk   penumpang  ,  pesawat   dan   awak   kabin  .  Baik   yang   sedang   mengudara , Mendarat , tinggal  landas   maupun   sedang   parkir   atau   harus   segera  mendapatkan  perawatan   di  hanggar  .  Maskapai   penerbangan   pun   melakukan  self   handling   untuk   penumpang   dan   cargo  ,   khususnya  maskapai   penerbangan   low   cost  ,  sering   tidak   sesuai   dengan   standart   keselamatan  dan   ini   dapat   membahayakan   pesawat   dan   konsumen  . Kurangnya   sumber   daya   manusia   di   industri   penerbangan   di   seluruh   maskapai penerbangan , yang membuat  keselamatan penumpang lah di  pertaruhkan .  Menurut   saya   yang   harus   dilakukan   oleh   pemangku    kepentingan  industri   penerbangan   dalam   memecahkan   masalah   ini   adalah   Maksimalisasi  armada  dan   Masalah   penunjang  .  Garuda   Indonesia    sebagai   maskapai   full   service   dan    Lion   Air   sebagai   maskapai   low   cost   merupakan   dua   armada   nasional   yang   paling   pesat   pertumbahan   armada   pesawat  . Sinkronisasi  antara  pertumbuhan  armada   atau  pesawat   harus   berbanding   lurus   dengan   perkembangan   industri   penunjang   penerbangan   lainnya  .   keterlambatan   dan   keselamatan   penerbangan   bisa   bertambah  buruk   apabila  jumlah   pesawat   terus   bertambah   .  Apalagi  terjadi   gangguan  di  landasan  sehingga   banyak  penerbangan   yang  tertunda  .  selain  itu  ,  kepadatan   bandara  menyebabkan  perawatan   terhambat   sehingga  berpengaruh   pada  keterlambatan   penerbangan  .  menurut  saya  yang  harus  dilakukan  adalah  perlu  adanya  sinkronisasi   atau   harmonisasi   kebijakan   dan  aksi  antara   Direktorat  Jendral  Perhubungan  Udara  (DJU) , INACA  (indonesia   air   carrier   association)  ,  PGHI  (persatuan   ground  handling   indonesia)  ,  PT  Angkasa  Pura  (AP)  I   dan  PT  Angkasa  Pura  (AP)   II  .  Jika   dari  Kementerian  Perhubungan    (DJU)  tidak  ada  langkah  dalam  masalah  ini   sebagai  regulator  dan  Kementerian  BUMN  sebagai  pemilik  sebagian  besar  bandara  utama  dan maskapai  penerbangan  ,  maka  penerbangan  industri   bisa   menjadi   bom  waktu  maha  dahsyat   dari  segi  keselamatan  penerbangan  di  Indonesia  .  Padahal  ASEAN  Open  Sky  2015   sudah   hampir  datang  dengan  kehadiran  armada   baru   .  Apabila  di  Indonesia   kondisi   regulator  ,  bandara  ,  ground  handling  ,  dan  sumber   daya  manusia  tidak  berubah  maka  penerbangan  Indonesia  akan  turun  .  oleh  karena  itu ,  kita  perlu  pimpinan  regulator  yang  cerdas  ,  berani   dan  gila  demi  keselamatan  dan  majunya  penerbangan  di  Indonesia  .

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s