Pelayanan Makanan dan Minuman di Pesawat


NAMA: FITRA SUCIANDRA
KELAS: GH C
NIM: 224109048
TUGAS GH KE EMPAT

Pelayanan Makanan dan Minuman di Pesawat

Bagi anda penumpang suatu maskapai, apa yang paling diinginkan apabila anda terbang dengan maskapai tersebut? Yup, fasilitas!”

Fasilitas yang dimaksud disini adalah tentang pelayanan dari saat penumpang tersebut datang ke bandara (departure), on flight, dan saat kedatangan (arrival). Banyak hal akan terurai apabila kita membicarakan apa itu pelayanan.  Namun saat ini saya akan lebih menekankan pembahasan tentang pelayanan di Pesawat udara (on flight). Hal ini merupakan tolak ukur bagaimana pencitraan sebuah maskapai di mata khalayak. Pramugari yang ramah dan siap siaga membantu para penumpang, pilot yang menerbangkan pesawat dengan mengedepankan keselamatan, sampai bagaimana penumpang mampu menikmati perjalanannya di pesawat.

Banyak maskapai yang melakukan berbagai hal agar mampu mendapatkan kepuasan konsumen, kita ambil contoh setiap maskapai komersil (non LCC) pasti memberikan makanan dan minuman kepada para penumpangnya secara gratis atau dibeli langsung. Makanan ini terdiri dari makanan berat dan ringan, dengan minuman yang dapat disesuaikan dengan selera konsumen. Semuanya yang pasti sudah dalam standar kebersihan yang selalu dijaga.

Namun sangat disayangkan, dalam hal ini saya justru menemukan sebuah berita yang saya baca di http://id.berita.yahoo.com/seorang-perempuan-temukan-belatung-di-cemilan-maskapai-qantas-085019686.html pada hari senin tanggal 02 April 2012. Dimana dalam berita tersebut, ditemukan sebuah belatung yang hinggap dalam sebuah makanan kecil yang dimakan oleh seorang ibu yang sedang melakukan perjalanan dengan pesawat Qantas dari Los Angeles-Melbourne, dalam keadaan lampu kabin yang sudah dimatikan. Seperti kata-kata yang dikutip dari berita di yahoo tersebut:

“Itu terasa sangat aneh, dan saya menyalakan lampu dan melihat ke arah paket cemilan dan melihat belatung keluar,” ujar Cleven (42).

Setelah melihat kejadian yang sangat memalukan di perusahaannya, Qantas melalui juru bicaranya langsung meminta maaf “Kami meminta maaf kepada perempuan itu karena pengalaman yang kurang menyenangkan,” ujar Juru Bicara Qantas kepada Kantor Berita AFP. “Kami menganggap hal itu merupakan sesuatu yang serius,” tambah juru bicara itu.

Saya sangat menyayangkan kejadian kelalaian pihak Qantas ini, pasalnya makanan yang merupakan hal yang harus steril dan dijaga kebersihannya. Apapun alasan yang akan diberikan oleh pihak Qantas nantinya, kejadian ditemukannya belatung di makanan kecil yang merupakan bagian dari pelayanan yang diberikan kepada penumpang adalah kasalahan yang fatal. Konsumen adalah raja bagi penjual, maka dari itu kepuasan penumpang tetaplah perhatian yang semestinya terus di kedepankan. Hal ini merupakan pelajaran bagi maskapai lain, agar terus mampu mengefektifkan fasilitasnya terhadap Customer, karna kepuasan pelangganlah yang memegang penanan terpenting dalam pertumbuhan dan perkembangan suatu perusahaan, termasuk perusahaan penerbangan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s