Penandaan Barang- Barang Berbahaya dan Pelabelan


Nama : Wiedya Putri Anggraeni

Nim     : 2241.09.261

Kelas  : S1 MTU C

Tugas ke-4 Gh2

Penandaan Barang- Barang Berbahaya dan Pelabelan

            Pada tulisan ini saya ingin membahas tentang penandaan dan pelabelan DG  ( Dangerous Goods ). Apa itu DG ? DG merupakan benda padat, gas atau cair yang dapat membahayakan kesehatan, keselamatan jiwa dan harta benda serta keselamatan selama transportasi, maupun penyimpanan. Karena tingkat bahaya yang ditimbulkan sangat tinggi, maka kemasan yang digunakan utnuk DG ini harus mengikuti persyaratan/ regulasi yang berlaku secara internasional/ nasional.

Siapakah yang bertanggung jawab  dalam melakukan marking dan labelling DG ini? Yang bertanggung jawab untuk semua panandaan dan pelabelan dari setiap kemasan barang- barang berbahaya dan setiap kemasan terluar yang berisi barang berbahaya adalah PENGIRIM. Bagaimana cara untuk penandaan DG ? untuk setiap kemasan dan kemasan terluar membutuhkan tanda, sehingga pengirim harus :

  1. Memeriksa bahwa apapun tanda yang berhubungan pada kemasan/ kemasan terluar sudah pada kemasan dan lokasi yang benar, sesuai dengan kualitas dan persyaratan spesifikasi dari peraturan tersebut
  2. Menghapus/ memindahkan semua tanda yang tidak terkait yang ada pada kemasan/ kemasan terluar
  3.  Memastikan bahwa setiap kemasan luar/ kemasan tunggal digunakan untuk barang berbahaya.
  4. menggunakan semua tanda baru yang sesuai pada tempat yang benar, dan memastikan kalau kulaitasnya tahan lama dan spesifikasinya sudah benar
  5. Memastikan bahwa tanggung jawab untuk menandai secara lengkap  dipenuhi bila kemasan/ kemasan terluar diserahkan ke pengelola untuk dikirim.

Ada berapa macam tipe penandaan? Ada 2 tipe penandaan yaitu penandaan spesifikasi UN dan penandaan kualitas terbatas. Apa saja penandaan yang wajib dibuat oleh pengirim? Ada empat penandaan yang wajib dikirim ( mandatory markings ) yaitu ; nomor UN, nama pengapalan yang tepat, nama dan alamat pengirim barang, nama dan alamat penerima barang. Tetapi, pengirim barang juga membuat 5 penandaan tambahan, yaitu explosives, untuk Dry Ice, untuk item lain, untuk RIS (div 6.2), untuk RIS dari UN3373.

Ckup ini saja yang saya bahas tentang DG marking & labeling, semoga bisa bermanfaat J.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s