KELAMNYA DUNIA PENERBANGAN INDONESIA


NAMA            : REFANI ENJELIA

NIM                : 224109295

TUGAS GH 4

KELAMNYA DUNIA PENERBANGAN INDONESIA

Tertangkapnya Pilot dari maskapai Lion Air ketika menkonsumsi narkoba jenis sabu-sabu, kembali membuat berbagai pihak bertanya-tanya apakah kehidupan pelaku dunia penerbangan sampai sekelam itu.

Menurut saya, sekarang ini memang sudah seperti trend yang membuka sisi gelap kehidupan awak penerbangan, khususnya pilot dan pramugari.Saya melihat ini seperti trend artis yang terlibat kasus narkoba.
Terjadinya berbagai kasus awak penerbangan yang menggunakan narkoba, lebih disebabkan karena pengawasan yang ada masih sangat longgar.Di Indonesia, semua peraturan pengawasan memang ada, tetapi dalam praktek pelaksanaannya masih jelek.

Kalau dibandingkan praktek pengawasan di Indonesia dengan di Korea Selatan. Pengamat penerbangan ini sempat diperiksa secara ketat ketika sampai di bandara internasional Korea Selatan. Menurutnya personel bandara Korea Selatan tidak pandang bulu, siapa saja diperiksa dan digeledah.
Ini jauh berbeda dengan di Indonesia, dimana pilot atau pramugari bisa lepas dari pemeriksaan jika sudah kenal dengan petugas bandara.

Lemahnya pengawasan di dunia penerbangan ini juga yang menjadi penyebab penggunaan narkoba di profesi ini relatif tinggi.Salah satu pramugari sebuah maskapai penerbangan yang berhasil diwawancara RCTI menyebutkan, sekira 60-70 persen awak pesawat dari seluruh maskapai penerbangan tanah air menggunakan narkoba.
Tidak hanya itu, penggunaan narkoba di kalangan pilot bahkan disinyalir sudah terjadi semenjak masih di akademi penerbangan.
Kemungkinan pilot sudah menggunakan narkoba sejak di akademi penerbangan diperkuat dengan pernyataan pengamat penerbangan ini,yang melihat banyak orang yang menjadi pilot hanya karena memiliki uang banyak. Asal ada uang bisa jadi pilot.
Sialnya, tidak hanya masalah di diri sang pilot, banyak sekolah penerbangan di Indonesia ternyata kurang memperhatikan standar yang sudah ditentukan.

Fakta yang ada saat ini, menurut saya juga mendorong masuknya sindikat narkoba ke dunia penerbangan Indonesia. Ini terjadi karena security minded orang Indonesia masih sangat lemah.
Ditambah dengan lemahnya pengawasan di bandara, semakin memperbesar kemungkinan masuknya narkoba dari luar negeri dengan memanfaatkan banyak pihak, salah satunya awak penerbangan, entah itu pilot, pramugari bahkan ground crew. Seakan-akan Indonesia itu dianggap pasar empuk bagi mafia narkoba internasional.

Oleh karena itu, seharusnya pengawasan seharusnya lebih diperketat dengan tidak hanya mengandalkan pengawasan dari internal perusahaan saja.

Dunia penerbangan Indonesia itu ketinggalan di segala lini.Jumlah dan teknologi pesawat saja sudah jauh ketinggalan. Bahkan kualitas SDM seperti pilot, pramugari, ground crew dan lainnya masih kurang,ditambah lagi dengan maraknya kasus narkoba seperti ini..Sangat menyedihkan…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s