GAGASAN SEDERHANA DEMI PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN MASKAPAI PENERBANGAN


GAGASAN SEDERHANA DEMI PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN MASKAPAI PENERBANGAN

Nama  : Muhammad Andika Saputra Saad

Nim      : 224109166

Kelas   : C gh ( tugas 4)

Dalam industri penerbangan, faktor keselamatan (safety), keamanan (security), dan kenyamanan (comfort) menjadi 3 hal utama yang harus selalu diperhatikan. Peningkatan kualitas dan pengawasan ketiga hal ini menjadi wajib guna dapat bersaing dalam ketatnya persaingan antar maskapai penerbangan.

Dalam tulisan ini saya akan menyampaikan beberapa ide sederhana yang mungkin bisa menjadi alat peningkat kualitas faktor-faktor tersebut.

  1. mengenai keselamatan, penggunaan sabuk keselamatan secara horisontal dibagian pinggang menurut saya belum bisa meredam guncangan tubuh ketika terjadi turbulensi atau pendaratan darurat karna tubuh bagian atas masih bisa terguncang. Maka dari itu sebaiknya pemakaian sabuk dilakukan secara melintang atau diagonal dan seperti yang pernah dikatakan teman saya melalui tulisannya, penggunaan airbag juga baik bila dimungkinkan.
  2. keamanan, adanya kasuskasus pembajakan pesawat dan terorisme didalam pesawat serta kasus pilot yang memakai narkotika di ruang cockpit, memunculkan ide pemasangan CCTV (Closed Circuit Television) di ruang cockpit maupun cabin guna memonitor setiap gerakgerik awak maupun penumpang di pesawat. Cara kerjanya bisa dilakukan seperti blackbox, yaitu merekam kejadian secara siklus untuk periode waktu tertentu.
  3. kenyamanan, seiring perkembangan teknologi yang selaras dengan perkembangan jaman membuat banyak penumpang atau hampir setiap penumpang memiliki gadget elektronik (contoh mudahnya adalah handphone). Maka penyediaan fasilitas konektor listrik, atau bahasa mudahnya colokan listrik, di dalam pesawat untuk men-charge gadget bisa menjadi pelayanan tambahan yang bisa memberi kepuasan penumpangnya apalagi dalam perjalanan yang cukup jauh. Peletakan konektor bisa diatur sesuai ketentuan maskapai masing-masing. Tetapi untuk ide yang ketiga ini rasanya agak sulit karna bisa saja pesawat tidak memilik daya listrik yang cukup terlebih jika banyak penumpang yang menggunakan secara bersamaan dan yang saya tahu konektor listrik di berbagai negara juga berbeda-beda.

Itulah beberapa ide atau gagasan dari saya yang mungkin saja bisa terealisasi atau mungkin tidak sama sekali. Bila menurut pembaca tidak efektif atau tidak masuk akal harap dimaklumi karena keterbatasan pengetahuan saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s