MASIH BANYAKNYA PERMASALAHAN PENERBANGAN NASIONAL


MASIH BANYAKNYA PERMASALAHAN PENERBANGAN NASIONAL

 

Nama  : Muhammad Andika Saputra Saad

Nim      : 224109166

Kelas   : C gh ( tugas 5)

 

Kesuksesan GarudaIndonesiayang baru saja meraih penghargaan “THE BEST INTERNATIONAL AIRLINE” versi lembaga independent asalAustralia, Roy Morgan, memang menjadi kebanggaan sendiri di dunia penerbangan nasional. Namun bukan berarti industri penerbangan dalam negeri berjalan dengan baik-baik saja. Masih banyak permasalahan yang mendera airline-airline domestik.

 

Dari sekian banyak permasalahan, menurut saya ada 3 masalah utama dalam industri penerbangan domestik.  Masalah pertama adalah keselamatan. Faktor keselamatan sangat penting dan tidak bisa ditolerir dalam dunia penerbangan. Masih banyak airline yang mengabaikan regulasi IATA dan sebaiknya pemerintah bersikap lebih tegas antara lain dengan melakukan sertifikasi pesawat dan pengembangan infrastruktur.

Masalah kedua adalah pendanaan. Kurangnya modal sering kali menjadi penyebab perusahaan airline tidak bisa berkembang.

Masalah yang ketiga adalah kualitas dan kuantitas SDM yang dimiliki. Dari data yang saya peroleh di internet misalnya, jumlah karyawan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) sebanyak 16 ribu karyawan, namun saat ini hanya 3.500 karyawan dan 888 sebagai teknisi penerbangan.

 

Industri penerbangan sebenarnya mempunyai potensi untuk bisa berkembang lagi, tetapi dibutuhkan berbagai bantuan dari berbagai elemen khususnya pemerintah agar bisa terealisasi dan bersaing dengan airline-airline dari mancanegara lainnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s