GROUND HANDLING KELOMPOK 1 (PART 7)


KEBERSIHAN DAN KENYAMANAN DI BANDARA SOEKARNO HATTA

KELOMPOK 1 :

       Ronald Binsar Hasudungan (224109281)

                  Essy Rosa Wirabuana (224109282)

                  Rizki Novariani (224109152)

                  Mutiara Dwi Novira (224109202)

Untuk minggu ini kami diminta memilih metode analisis yang kami gunakan berkaitan dengan kuisioner yang kami sebarkan. Hingga hari ini jumat 13 april 2012 jumlah responden yang kami dapat 152 orang.

Metode yang kami gunakan adalah deskriptif kualitatif. atau penjelasan berdasarkan pengamatan, dimana kami  mencoba untuk menjelaskan permasalahan yang terjadi pada terminal 1b Bandara soekarno-hatta yang berhubungan dengan Kebersihan dan kenyaman pada Bandara soekarno-hatta.

Pengumpulan data yang dimaksud adalah dengan memperoleh data-data yang relevan, akurat, dan mengidentifikasi data-data yang ada, data yang diperoleh ini pun kemudian di analisa dan dari hasil analisa ini diharapkan akan menghasilkan suatu gambaran yang lebih jelas dari masalah kebersihan dan kenyamanan bandara baik dari permasalahan maupun dari hasil akhirnya. Kami juga mendeskripsikan saran-saran yang baik di dasarkan atas teori-teori yang ada maupun pengetahuan yang kami dapat dari hasil kuisioner kami.. Dan diharapkan tulisan ini bisa menjadi panduan untuk kualitas pelayanan pada bandara soekarno-hatta.

Dari kuisioner yang kami sebarkan, mengenai “Kebersihan dan Kenyamanan Bandara soekarno-hatta” khususnya pada terminal 1b,hasil yang kami peroleh antara lain :

  1. Sebagian besar yang mengisi kuisioner kami adalah kalangan dewasa (80%) dan sisanya remaja dan anak-anak.
  2. Ruang tunggu kedatang penumpang nyaman, Sebanyak 8% menyatakan tidak setuju sekali, 18% menyatakan tidak setuju, 44%  koresponden yang mengisi kuisioner menjawab ruang tunggu kedatang penumpang cukup nyaman, 18% menjawab setuju sekali, 10% menjawab sangat setuju sekali.

Hal ini berarti Ruang tunggu kedatangan penumpang untuk saat ini cukup nyaman digunakan.

  1.  Petugas kebersihan dibandara soekarno-hatta memadai, Sebanyak 8 % koresponden menjawab tidak setuju sekali, 22% menjawab tidak setuju, 36% koresponden menjawab petugas kebersihan dibandara soekarno-hatta khususnya pada terminal 1b cukup, Dan yang menjawab sangat setuju 22%, dan  9% menyatakan sangat setuju sekali .

Hal ini berarti Petugas Kebersihan dibandara soekarno-hatta dinilai jumlahnya cukup memadai

  1. Kebersihan toilet bandara yang jauh dari kata layak bagi sebuah bandara, 13% menyatakan tidak setuju sekali, 17% menyatakan tidak setuju , 27% koresponden menjawab setuju 26% menyatakan sangat setuju, 12% menyatakan sangat setuju sekali.

Hal ini berarti Kebersihan toilet bandara cukup bersih.

  1. Kurang terawatnya taman yang ada , 7% menyatakan tidak setuju sekali, 23% menyatakan tidak setuju, 36% menyatakan cukup setuju, 18% menyatakan sangat setuju dan11% menyatakan sangat setuju sekali.

Hal ini berarti Taman yang ada disekitar bandara cukup terawatt.

  1. Masih banyaknya pedagang asongan disekitar bandara soekarno-hatta, 13% menyatakan tidak setuju sekali, 18% menyatakan tidak setuju, 27% menyatakan setuju, 22% menyatakan sangat setuju, 16% menyatakan sangat setuju sekali.

Hal ini berarti masih banyak pedagan asongan disekitar bandara soekarno-hatta.

  1. Area parker kendaraan luas dan aman, 8% menyatakan tidak setuju sekali, 15% menyatakan tidak setuju, 34% menyatakan setuju, 25% menyatakan sangat setuju, 15% sangat setuju sekali.

Hal ini berarti Area parker bandara luas dan aman.

  1. Pengguna jasa bandara tidak sulit menemukan tempat sampah 10% menyatakan tidak setuju sekali, 15% menyatakan tidak setuju, 26% menyatakan setuju, 29% menyatakan sangat setuju, 13% sangat setuju sekali.

Hal ini berarti Para pengguna jasa bandara tidak kesulitan menemukan tempat sampah.

  1. Pihak Bandara memperhatikan kebersihan interior terminal, 8% menyatakan Tidak setuju sekali, 18% menyatakan tidak setuju, 39% menyatakan setuju,20% menyatakan sangat setuju, 8% menyatakan sangat setuju sekali.

Hal ini berarti Pihak bandara cukup memperhatikan kebersihan interior terminal.

10. Pihak bandara menjaga kebersihan lingkungan terminal, 7% menyatakan sangat tidak setuju, 15% menyatakan tidak setuju,  41% menyatakan setuju,  23% menyatakan sangat setuju, 10% menyatakan sangat setuju sekali.

Hal ini berarti pihak Bandara memjaga kebersihan lingkungan terminal.

11. Pendingin udara dibandara soekarno=hatta masih sangat baik, 11% menyatakan sangat tidak setuju, 17% menyatakan tidak setuju, 32% menyatakan setuju,  22% menyatakan sangat setuju, 11% menyatakan sangat setuju sekali.

Hal ini berarti Pendingin udara dibandar masih sangat baik.

12. Ruangan pengambilan bagasi bersih, 9% menyatakan sangat tidak setuju, 22% menyatakan tidak setuju, 35% setuju, 22% sangat setuju, 8% sangat setuju sekali

Hal ini berarti ruangan pengambilan bagasi cukup bersih.

13. Tata Taman Bandara bagus,  8% menyatakan sangat tidak setuju, 20% tidak setuju, 38% setuju,  22% sangat setuju,  6% sangat setuju sekali.

Hal ini berarti Tata taman bandara bagus.

14. Pengeras suara tidak membisingkan, 5% menyatakan sangat tidak setuju, 13% menyatakan tidak setuju, 38% setuju,28% sangat setuju, 11% sangat setuju sekali.

Hal ini berarti pengeras suara tidak membisingkan.

15. Tersedia ruang khusus perokok, 9% menyatakan sangat tidak setuju, 15% menyatakan tidak setuju, 27% setuju, 27% sangat setuju, 22% sangat setuju sekali.

Hal ini berarti Para penumpang atau pengguna jasa bandara menginginkan adanya ruangan khusus perokok.

16. Tidak ada sampah yang berserakan dibandara, 13% menyatakan sangat tidak setuju, 20% tidak setuju, 30% setuju, 26% sangat setuju, 10% sangat setuju.

Hal ini berarti tidak ada sampah yang berserakan dibandara.

Ini lah gambaran hasil survey yang kami lakukan melalui kuisioner hingga 13 april 2012 yang kami sebarkan melalu media jejaring social seperti facebook,twiter dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s