ANALISIS SWOT PENANGANAN CARGO LIVE ANIMALS (AVI)


PENERIMAAN DAN PENANGANAN  DAN PERLINDUNGAN BAGI BARANG KIRIMAN BERUPA HEWAN HIDUP – AVI (acceptance,handling and protection of live animals)

Hewan hidup yang di terima sebagai barang kiriman khusus dalam keadaan baik dan sehat. Pastikan bahwa seluruh ketentuan IATA tentang pengiriman hewan hidup sudah di penuhi oleh pengirim.

Hal hal yang di perhatikan secara khusus:

  1. Tunduk kepada ketetapan peraturan penerbangan sesuai regulasi IATA bagi pengiriman hewan hidup.
  2. Surat pernyataan pengiriman yang dibuat secara tertulis oleh pengirim dan di tandatangani
  3. Kemasan kontainer yang digunakan untuk membawa kiriman hewan hidup harus sesuai dengan prinsip design standard yang tertuang dalam IATA regulation
  4. Marking dan labelling harus dilakukan secara benar
  5. Pengiriman harus melalui reservation dulu
  6. Hewan yang dikirim adalah bukan hewan yang di lindungi oleh pemerintah

Penerimaan umum dan penanganan standard pengiriman hewan hidup

  1. Perhatikan khusus ketika menangani hewan kiriman tersebut. Kiriman hewan hidup yang menunggujadwal keberangkatan harus di tangani di area yang bebas dari tumpukan barang dan temperatur yang sesuai dengan kondisi hewan tersebut harus di jaga
  2. Hanya hewan yang dalam kondisii sehat yang layak di terima untuk pengiriman. Jika hewan dalam keadaan hamil maka pengirim harus membuat surat pernyataan bahwa hewan kiraman tersebut dalam keadaan hamil.
  3. Untuk melindungi kiriman hewan hidup dari angin atau temperatur udara yang ekstrim, kandang atau kemasan hewan harus selalu di tutup atau terlinduung sementara. Perhatian seperti ini agar melindungi hewan kiriman agar tidak mati atau lemas
  4. Penyusunan harus di buat sedemikian rupa untuk hewan hidup agar dapat di turunkan sesegera mungkinn jika tiba di bandaara tujuan.

Sertifikat utuk pengiriman  hewan hidup

SHIPPER’S RESPONSIPIBILITY

  1. The animals being tendered for transportation  are not prohibited by goverment
  2. All the required export, import, and/ or transit health certificates, licencesor permit
  3. The animal shipment are properly classified described, packed, marked and labeled
  4. The IATA shippers certificate for live animals has been properly completed induplicate
  5. Pregnant animal must not tendered for transportation without official veterynary certivicate certivying that animals are fit to travel and that there is not riskor birth occuring during the entire of journey
  6. No animals are to be tendered for transportastion having give birth in trhe last 48 hours before teha star of the journey
  7. The animals hans been properly prepared for transportation
  8. The consignee has beeb advised of the light details in order to arrange immediate collection on arrival

Memberi label dan tanda

Pengirim bertanggung jawab untk menempelka label /sticker yang jelas dan tahan lama, berisi nama pengirim, alamat, jalan nomer dan nama kota, seperti yang tertera di SMU/AWB, disetiap kemasan barang kiriman.

Lampirkan paling sedikit satu dari “IATA LIVE ANIMAL” label  atau tag di setiap kandang kiriman hewan hidup,kecuali disetiap kemasan / kandang tersebut sudah tertera seperti yang disyaratkan. Sebagai tambahan sticker THIS WAY UP harus ditempelkan jika mungkin diempat kemasan untuk mengindikasi posisi tidak tebalik

Schedule and routing of live animals

tidak disarankan untuk pengiriman hewan hidupmelalui penerbangan transit, sebaiknya melalui penerbangan denghan rute langsung untuk menghindari penanganan yang berkali-kali dan perubahan cuaca

reservations for live animals

diharuskan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu untuk pengiriman hewn hidup, agar dapat disediakan tempat yang memadai

feeding

biasanya tidak diharuskan membeli makanan kepada hewen hidup pada waktu dipesawat, akan tetapi jika diharuskan demikian maka hal ini menjadi tanggung jawab pihak pengirim. Air yang diberikan kepada hewan hidup haruslah air bersih yang tidak terkontaminasi dan bukan air es.

Stowage of live animals (cara pemuatan / pengemasan hewan hidup)

a)      Container yang digunakan harus aman secara terstruktur untuk dimuat dalam pesawat untuk mencegah bergesernya kemasan/ kandang hewan hidup inidapt merusak pesawat

b)      Hewan hewan ini harus dimuat atau dibongkar sedekat mungkin dengan pesawat

c)       Hewan jangan dimuat didekat kargo lain yang mungkin dapat menimbulkan cedera

d)      Kontainer hewan-hewan jangan pernah diletakkan terbalikharus dilengkapi sticker untuk peletakan posisi

e)      Pengiriman harus menyediakan oxygen , makanan dan ventilasi udara yang cukup sesuai peraturan standart dari IATA tentang pengiriman baranghidup

f)       Lantai contaner hewan harus dialasi serpihan kayu atau serbuk gergaji kayu

g)      Barang kirima hewan hidup harus diperlukan sebagai barang kiriman kategori kargo basah “(wet cargo)”

Stowage in aircraft of live animalsn (pemuatan hewan hidup di pesawat)

a)      Kontainer hewan ini selalu diikat untuk menghindari bergeser saat tinggal landas, mendarat ataupun selama penerbangan berlangsung

b)      Kontainer atau kadang-kadang hewan ini harus ditaruh ditempat yang cukp lapang agar terdapat sirkulasi udara yang cukup.

c)       Tegantung bagaimana kualitas kandang , penanganan harus tetap ekstra hati-hati

d)      Jika terjadi keterlambatan penerbabangan maka harus ditangani sesuai insrtuksi pengirim

e)      Hewan-hewan ditaruh sedemikian rupa jika ada penerbangan transit

f)       Kontainer/kandang tidak boleh ditaruh di bawah ventilasi udara pesawat atau di bawah cahaya lampu

g)      Hewan yang bermusuhan secara alam harus ditaruh berjauhan

h)      Jauhkan hewan yang berlainan jenis kelamin

i)        Hewan-hewan harus dijauhkan dari cairan kimia ayau bahan kimia

j)        Hewan-hewan loboratorium / percobaan harus  ditaruh sejauh mungkin kontaminasi

 


ANALISIS SWOT DAN MATRIX EVALUASI FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL

Factor internal

NO

KEKUATAN

KELEMAHAN

1

Pencitraan Garuda Indonesia yang baik Tarif mahal

2

Pelayanan Pengontrolan packaging kurang maksimal

3

Experience Kantor distribusi yang tidakmerata/sulit dijangkau

4

Fasilitas

5

Jaringanluas

6

Jumlah armada yang banyak

7

Teknologi yang modern

8

Memilikikerjasama / jaringan yang banyak

9

Iklan / promosi

Factor External

NO

PELUANG

ANCAMAN

1 KebutuhanMasyarakatakan airlines yang mempunyaijaringanluas –          Bermunculanpesaing
2 Hargaminyaktinggimakaberkurangpesaing –          Cuaca
3 Loyalitaskonsumen –          Dayasaingharga
–          Pajak yang tinggi

Matrix evaluasi factor internal

NO

KEKUATAN

BOBOT

PERINGKAT

SKOR BOBOT KEKUATAN

1 Pencitraan Garuda Indonesia yang baik

0,10

3

0,3

2 Pelayanan

0,07

2

0,14

3 Experience

0,15

3

0,45

4 Fasilitas

0,05

2

0,1

5 Jaringanluas

0,03

2

0,06

6 Jumlah armada yang banyak

0,02

2

0,04

7 Teknologi yang modern

0,03

2

0,06

8 Memilikikerjasama / jaringan yang banyak

0,02

1

0,02

9 Iklan / promosi

0,05

2

0,1

TOTAL

1,27

NO KELEMAHAN BOBOT PERINGKAT SKOR BOBOT KELEMAHAN
1 Tarifmahal

0,15

4

0,6

2 Pengontrolan packaging kurangmaksimal

0,08

2

0,16

3 Kantor distribusi yang tidakmerata/sulitdijangkau

0,10

3

0,3

TOTAL

1,06

NO PELUANG BOBOT PERINGKAT SKOR BOBOT PELUANG
1 KebutuhanMasyarakatakan airlines yang mempunyaijaringanluas

0,08

2

0,16

2 Hargaminyaktinggimakaberkurangpesaing

0,15

3

0,45

3 Loyalitaskonsumen

0,10

3

0,3

TOTAL

0,91

NO ANCAMAN BOBOT PERINGKAT SKOR BOBOT ANCAMAN
1 Bermunculanpesaing

0,12

3

0,36

2 Cuaca

0,08

3

0,24

3 Dayasaingharga

0,06

2

0,12

4 Pajak yang tinggi

0,15

3

0,4

TOTAL

1,17

S

             2,33

                                                                                                                                   T                                                                                                               O

                                            2,08

W

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s