KEBERSIHAN DAN KENYAMANAN DI BANDARA SOEKARNO HATTA (PART 8)


KELOMPOK 1 :

       Ronald Binsar Hasudungan (224109281)

                  Essy Rosa Wirabuana (224109282)

                  Rizki Novariani (224109152)

                  Mutiara Dwi Novira (224109202)

Kesimpulan

Dari survey yang kami lakukan melalui quisioner yang kami sebarkan melalu media jejaring social seperti facebook,twetter dll , kami dapat mengambil kesimpulan :

  1. Bandara soekarno-hatta khususnya terminal 1b bersih dan nyaman dilihat dari  ruang tunggu yang nyaman, kebersihan lingkungan bandara, pendingin ruangan yang masih berfungsi dengan baik, ruang pengambilan bagasi yang bersih, pengeras suara yang tidak membisingkan, tata letak taman yang baik.
  2. Namun terdapat sisi yang mendapat penilaian kurang  baik antara lain, Kebersihan toilet bandara,   kurang terawatnya taman, masih banyaknya pedagang asongan dan keberadaan ruangan khusus perokok diterminal 1b.

 

 

 

Saran

Dari Survey yang telah kami lakukan, kami mencoba memberikan beberapa saran, semoga dapat membantu pihak bandara Soekarno-hatta dalam menjaga kualitas yang sudah ada dan memperbaiki kekurangan yang ada.

  1. Untuk terminal 1b agar dibangun ruangan khusus perokok,mungkin bisa diletakan dekat dekat dengan boarding lounge, penumpang yang menunggu kedatangan pesawat khususnya perokok sering merokok disekitar area ini. Jadi membangun tempat khusus perokok diarea ini mungkin suatu solusi yang baik. Sehingga tidak mengganggu penumpang lainnya yang tidak merokok.
  2. Melakukan quality control dalam hal kebersihan Toilet, mungkin dengan mengoptimalkan petugas kebersihan dan alat kebersihan. Memasang kamera disekitar area terminal 1b, Serta pemberian sanksi kepada penumpang ataupun petugas yang tertangkap kamera membuang sampah sembarangan.
  3. Penertiban terhadap pedagang asongan, atau paling tidak dibuatkan lapak khusus untuk mereka (pedagang asongan) agara lebih terlihat rapi an tertib.
  4. Menjaga kualitas bandara yang dianggap sudah baik, dan tetap melakukan control terhadap kebersihan dan kenyamanan bandara.

 

Demikian kesimpulan dan saran yang dapat kami berikan, semoga dapat memberikan manfaat bagi pihak bandara soekarno-hatta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s