KELOMPOK 3 : FASILITAS PADA RUANG BOARDING DI TERMINAL 2 BANDARA SOEKARNO-HATTA


Frissie Cordhitta       224109355

Kristoni                      224109187

Mona Fatiah             224109170

Ratih Hitaningtiyas  224109077

Kelas  ZU 09

 

KESIMPULAN

Dari keseluruhan hasil survey yang ada, dapat disimpulkan bahwa fasilitas yang ada pada ruang boarding saat ini biasa-biasa saja dan tidak dapat memuaskan keinginan penumpang,sehingga membuat para pengguna jasa transportasi udara sangat setuju dengan penambahan fasilitas di Ruang Boarding, karena banyak yang merasa bosan dan kesal jika harus menunggu tanpa adanya fasilitas hiburan.

 

Fasilitas akses internet (Wi-Fi) sangat diharapkan di ruang boarding karena sebagian besar dari mereka menggunakan gadgetnya untuk mengakses internet melakukan kegiatan browsing atau mengunjungi situs media social yang sedang menjadi tren masa kini. Selain itu untuk menunjang kenyamanan, mereka mengharapkan adanya penambahan stopkontak di beberapa sisi ruangan untuk mengisi daya gadget mereka. Dan sebagai sarana hiburan, penumpang mengharapkan pemasangan TV kabel di ruang boarding agar tidak terlalu bosan jika harus menunggu lama , karena TV yang ada saat ini penayangannya cenderung menampilkan iklan-iklan dari berbagai macam produk, sehingga penumpang hanya bisa membaca koran atau majalah yang jumlahnya terbatas .

 

Maka dapat disimpulkan bahwa harus ada perbaikan dari segi fasilitas di Ruang Boarding agar kebutuhan para penumpang dapat terpenuhi dan mereka akan senang jika fasilitas tambahan tersebut dapat direalisasikan karena pelayanan Pre-Flight sangat berpengaruh terhadap kepuasan penumpang. Dan yang terpenting, setiap bandara merupakan cerminan dari Negara itu sendiri, jadi jika bandara tersebut bisa memberikan pelayanan dan fasilitas yang terbaik untuk penumpangnya, maka setiap penumpang akan merasa nyaman untuk berada di Negara yang disinggahinya tersebut.

 

SARAN

Berdasarkan survey yang sudah dilakukan mengenai penambahan fasilitas pada ruang boarding di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, saran yang kami ajukan kepada pengelola bandara apabila penambahan fasilitas tersebut dapat terealisasikan adalah sebagai berikut:

  • Pengelola bandara sebaiknya menambah personil keamanan di Bandara Soekarno-Hatta, khususnya di terminal 2 untuk mengurangi tindak kriminal yang mungkin akan terjadi, seperti: perusakan atau pencurian fasilitas pada boarding room tersebut
  • Mencari petugas khusus (teknisi) untuk maintenance fasilitas-fasilitas baru yang ada di ruang boarding agar dapat dijalankan dengan baik dan melakukan perawatan terhadap fasilitas tersebut secara berkal
  • Membuat peraturan tertulis yang ditujukan kepada penumpang  terkait penggunaan fasilitas pada ruang boarding agar fasilitas tersebut tidak digunakan sembarangan yang dapat menyebabkan kerusakan
  • Memblokir akses internet untuk program-program yang mengandung pornoaksi dan pornografi agar tidak dapat dijangkau oleh anak-anak dibawah umur

 

Pembagian Tugas:

Mona Fatiah             : Ketua kelompok, membuat kesimpulan.

Frissie Cordhitta       : Membuat saran dari hasil keseluruhan.

Ratih Hitaningtiyas  : Membuat saran dari hasil keseluruhan.

Kristoni                      : Membuat kesimpulan.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s