Kelompok 6 : PENERAPAN DELIVERY BAGGAGE SERVICE DI BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA


PENERAPAN DELIVERY BAGGAGE SERVICE DI BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA

ANALISIS KUALITATIF HASIL SURVEY

KETUA          : NABILA RACHMADINA (224-109-332)

ANGGOTA    : FIFI SHOFIYAH (224-109-005)

                          DYANA NATALIA (224-109-103)

                          FITRIA CHANDRA (224-109-269)

KESIMPULAN

Dari 266 responden yang kami survey stentang “Penerapan Delivery Baggage Service di Bandara Internasional Soekarno-Hatta”, sebanyak 299 responden atau 86% menyatakan setuju, 17 responden atau 6% menyatakan tidak setuju, dan 16 responden atau 6% menyatakan abstain. Berdasarkan data tersebut maka kami menyimpulkan bahwa banyak orang yang menyetujui apabila Delivery Baggage Service ini diterapkan di bandara international Soekarno-Hatta. Menurut mereka dengan menerapkan Delivery Baggage Service ini mereka dapat lebih efektif dan dapat menghemat waktu mereka sehingga dapat mempermudah mereka dalam berpergian, karena tidak perlu lagi repot-repot mengantre di bagagge claim dan juga check in counter, karena semuanya akan diurus oleh tim Delivery Baggage Service. Mereka juga merasa lebih aman menggunakan jasa Delivery Baggage Service ini karena pihak Delivery Baggage Service ini juga menyediakan asuransi terhadap setiap barang bawaan penumpangnya sehingga dapat menjamin bahwa barang bawaannya aman.

Delivery Baggage Service ini pada dasarnya diperuntukkan untuk orang-orang yang memiliki mobilitas yang tinggi, wajar bila dari data hasil survey yang kami miliki costumers menuntut agar pihak Delivery Baggage Service dapat memperkerjakan pegawai yang ahli dalam bidangnyanya, karena dengan begitu pegawai diharapkan dapat bekerja dengan profesional, dan juga mereka menuntut agar pegawai Delivery Baggage Service ini mampu berbahasa asing, serta diharuskan juga untuk tampil rapih, menarik dan ramah, sehingga costumers merasa dihargai dan nyaman dengan pelayanan yang diberikan.

Pegawai Delivery Baggage Service juga harus mengetahui dan menguasai jangkauan wilayah pengiriman, agar pengiriman bagasi costumers dapat sampai tepat pada lokasi tujuan dengan tepat waktu.

Namun customers juga menuntut agar Delivery Baggage Service ini juga diperuntukkan untuk semua jenis kelas penerbangan dan tersedia di berbagai bandara internasional di kota-kota besar di Indonesia serta beroperasi selama 24jam setiap harinya.

Dan menurut hasil survey yang kami lakukan, costumer setuju akan berat minimun yang ditetapkan, yaitu 10kg namun mereka tidak setuju apabila tarif yang dikenakkan untuk barang-barang yang dibawah berat minimum harus membayar biaya sesuai berat minimum yang telah ditetapkan tersebut.

SARAN

Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan, ada beberapa hal yang kami sarankan mengenai Penerapan Delivery Baggage Service di Bandara International Soekarno-Hatta sebagai berikut :

  1. Penerapan Delivery Baggage Service tersedia tidak hanya di peruntukkan untuk kelas penerbangan tertentu saja, tetapi juga untuk semua jenis kelas penerbangan. Hal ini dilakukan agar service yang diberikan mencapai semua segmen pasar.
  2. Adanya program membership dan discount bagi penumpang yang sering menggunakan jasa Delivery Baggage Service agar loyalitas customer tetap terjaga.
  3. Penerapan Delivery Baggage Service harus segera diterapkan karena adanya permintaan pasar.
  4. Perusahaan Delivery Baggage service agar gencar dalam melakukan promosi untuk memperkenalkan pelayanan jasa yang mereka berikan kepada penumpang. Agar penumpang mengetahui penerapan pelayanan jasa yang bisa membantu mereka pada saat berpergian.
  5. Perusahaan Delivery Baggage Service menjalin kerjasama dengan mitra yang tepat dan profesional dalam hal penanganan  serta keamanan pengiriman bagasi.

PEMBAGIAN TUGAS

  1. Nabila Rachmadina            : Membuat kesimpulan dari keseluruhan analisis hasil survey yang didapat.
  2. Fitria Chandra                      : Membuat kesimpulan dari keseluruhan analisis hasil survey yang didapat.
  3. Dyana Natalia                      : Membuat saran yang seharusnya dilakukan dalam penerapan Delivery Baggage Service.
  4. Fifi Shofiah                           : Membuat kesimpulan dari keseluruhan analisis hasil survey yang didapat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s