Keamanan dan Kenyamanan diBandara Internasional Soekarno-Hatta(tugas ke 4)


Keamanan dan Kenyamanan diBandara Internasional Soekarno-Hatta(tugas ke 4)

KELOMPOK VII

Nur regalia (224109065)

Akbar kharisma pratama(224109194)

Angga mahardika(224109203)

Ahmad ikbal(224108070)

landasan teori

‘’Manajemen Perencanaan Bandar Udara 2009’’ Karangan Dr. Hadi Suharno, S.E., M.M.

Hal 12 tentang Pengembangan Bandar Udara di Wilayah Barat (Bandar Udara Soekarno-Hatta)

Hal 91 tentang Intermoda Transport

Hal 104 tentang Tren pengelolahan Bandar Udara Dunia

Hal 107 tentang Bandar Udara di masa mendatang (Future of the Airport Industry)

Saya akan membahas tentang manajemen dari bandara Soekarno-Hatta yang masih buruk dalam penanganan pelayanan keamanan di dalam bandara. Dan didalam tulisan ini saya mengambil referensi dari buku berjudul “Manajemen Perencanaan Bandar Udara”, dimana nanti akan adanya saling keterkaitan antara masalah yang akan dibahas dan dengan teori yang berada di dalam buku/referensi yang saya pakai. Di dalam tulisan ini saya akan membahas beberapa teori yang saling terkait dan juga untuk menjadikan acuan terhadap perkembangan fasilitas pelayanan yang seharusnya diberikan oleh seorang manajemen bandar udara.

Seperti contoh teori yang saya ambil dari buku/referensi yang berada di halaman 12 yang mana membahas tentang pengembangan Bandar Udara di Wilayah Barat lebih khusus ke Bandara Udara Soekarno-Hatta. Di dalamnya halaman tersebut dijelaskan ada beberapa kebijakan yang harus menjadi acuan dan pertimbangan untuk pembangun dan pengembangan sebuah bandara.

Dan juga saya membahas halaman 91 berjudul “Intermoda Transport”, karena Intermoda Transportasi dalam suatu bandara sangatlah penting yang mana berfungsi untuk memindahkan manusia dri satu tempat ke tempat lain. Dan moda transportasi ini juga harus saling berkaitan dan bersinergi antara moda transport lainnya agar tercapai suatu maksimalitas yang mana nantinya akan memberikan kepuasan kepada pengguna jasa trasnportasi. Kenapa saya juga menggunakan teori yang berada di halamana 91 ini karena menurut saya teori tersebut saling berkaitan erat dengan masalah yang terjadi sekarang-sekarang ini yang ada di bandara Soekarno-Hatta khususnya di terminal 1, dimana masih banyak sekali keberadaan taksi gelap yang masih berkeliaran disekitar bandara. Dan nanti akan menimbul suatu disconnecting antara pelayanan dan kepuasan pelanggan karena adanya ketakutan para penumpang terhadap kegiatan taksi gelap ini (ilegal).

Dan saya juga akan membahas tentang teori yang berada di halaman 104 dimana bagaimana Tren Pengelolahan Bandar Udara di Dunia. 1 hal ini sangat perlu diambil sebagai contoh untuk Bandar Udara Soekarno-Hatta dimana pelayanan khususnya keamanan biasa dijadikan contoh sebagai Tren dalam suatu pengelolahan Bandar Udara karena hal yang paling utama dari sebuah Bandar Udara selain fasilitas tentu juga keamanan menjadi prioritas utama dalam mindseat suatu manajemen di dalam Bandar Udara tersebut.

Saya ambil contoh dimana di dalam halaman 104 dijelaskan bahwa tren industri bandar udara saat ini salah satu contoh yaitu menjaga suatu loyalty pelanggan dan meminimalisasi keluhaan/ complain pelanggan.

Dan didalam pembahasan terakhir yang berada di halaman 107 yang berjudul “Bandar Udara dimasa mendatang”. Di dalam teori yang disebutkan dibuku tersebut dijelaskan bahwa beberapa taktik dan strategi yang nantinya harus di perbaharui oleh manajemen bandar udara jika ingin menjadikan bandar udara itu menjadi yang terbaik ada beberapa hal antara lain yaitu menambah kapabilitas fasilitas, menambah profesionalme sumber daya manusia, memeperbaiki kinerja berdasarkan target dan kepuasan, menambah promosi untuk pelangggan, memberikan respons cepat terhadap keluhan pelanggan. Itu ada beberapa hal yang harus diperbaharui dan menurut saya ada beberapa memang harus dilakukan oleh manajemen bandar udara Soekarno-Hatta jika ingin memberikan pelayanan yang baik salah satunya itu memberikan respons cepat terhadap keluhan pelanggan, dan menambah dan menempatkan SDA yang profesional yang mana bekerja dengan mencapai suatu kepuasa\n pelayanan kepada para penumpang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s