PERBEDAAN SURAT JALAN DAN DELIVERY ORDER PADA SAAT MEMASUKI AREA CARGO IMPOR DI BANDARA SOEKARNO HATTA


NAMA  : HAYU MURLANI

NIM       : 224109120

TUGAS KE  4

PERBEDAAN SURAT JALAN DAN DELIVERY ORDER PADA SAAT MEMASUKI AREA CARGO IMPOR DI BANDARA SOEKARNO HATTA

 

Saya disini hanya memiliki pengalaman pribadi saja mengenai perbedaan surat jalan dan delivery order saat trucking di bandara soekarno hatta. Saya bertanya pada seorang security di pintu masuk area cargo impor di bandara soekarno hatta saya menanyakan dokumen apa saja sih yg harus ada supaya mobil trucking tersebut bisa masuk ke area cargo import? Security tersebut menjawab dokumen yg harus di lampirkan yaitu berupa PAS masuk orang,PAS masuk kendaraan serta delivery order (DO). Disitu saya menanyakan mengapa harus delivery order? Sedangkan kendaraan pengangkut itu butuhnya hanya surat jalan yg berisikan jumlah barang berat barang plat nomor kendaraan. Yg saya ketahui itu delivery order di terbitkan saat seorang consignee atau freight forwarder memproses barang itu keluar dari gudang yg siap di angkut oleh mobil truk dan setelah barang keluar baru surat jalan di terbitkan.

Setelah itu saya tanya ke securitynya lagi mengapa harus DO bukan surat jalan dan security itu menjawab saya hanya di beritahu oleh atasan untuk meminta dokumen tersebut.

Jadi kesimpulannya adalah delivery order adalah surat untuk proses keluarnya suatu barang agar dapat dibuatkan surat jalan.

Tinggalkan Balasan

