Kelompok 6 : PENERAPAN DELIVERY BAGGAGE SERVICE DI BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA


KETUA           : NABILA RACHMADINA (224-109-332)

ANGGOTA    : FIFI SHOFIYAH (224-109-005)

DYANA NATALIA (224-109-103)

FITRIA CHANDRA (224-109-269)

 

PENERAPAN DELIVERY BAGGAGE SERVICE DI BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA

            Bisnis jasa pada dasarnya merupakan suatu bisnis yang tidak berwujud, yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Salah satu bisnis jasa adalah bisnis penerbangan. Komponen utama bisnis penerbangan adalah maskapai penerbangan atau airlines. Maskapai penerbangan adalah sebuah organisasi yang menyediakan jasa penerbangan bagi penumpang atau barang. Perusahaan maskapai tersebut menyewa atau memiliki pesawat terbang untuk menyediakan jasa transportasi. Airlines juga dapat membentuk kerja sama atau aliansi dengan maskapai lain ataupun unit kerja lain yang saling berkaitan dan saling menguntungkan. Salah satunya adalah jasa antar-jemput barang bawaan atau bagasi penumpang.

            Bisnis delivery bagasi ini memang belum pernah diterapkan di Indonesia namun sudah banyak diterapkan di berbagai Negara seperti Jepang, Amerika dan inggris. Di Indonesia ada unit kerja yaitu Pos Indonesia dan berbagai peerusahaan pengiriman lain yang bergerak dalam bidang jasa pengriman barang tetapi tidak terlibat secara langsung dengan barang bawaan atau bagasi penumpang.

            Delivery Baggage Service merupakan salah satu inovasi baru dalam dunia pengiriman khususnya pengiriman bagasi penumpang yang secara langsung dilakukan melalui system door-to-door. Penumpang tidak perlu repot-repot untuk mengurusi barang bawaan mereka yang terlampau banyak, hanya dengan menghubungi perusahaan layanan ini bagasi penumpang akan dijemput dan diantar langsung ke bandara ataupun sebaliknya bagasi dikirim dari bandara ke rumah penumpang secara langsung. Dengan begitu penumpang dengan mudah dan praktis dalam hal bepergian.

            System kerja perusahaan ini sangat cepat dan efektif bila diperuntukkan bagi penumpang yang memiliki mobilitas tinggi yang sangat menghargai ketepatan waktu, seperti para Ekskutif Muda dan para pebisnis yang dalam sehari bisa melakukan beberapa kali flight untuk urusan pekerjaan mereka, sehingga dengan pelayanan jasa ini  mereka tidak perlu memikirkan lagi bagaimana membawa barang bawaan mereka pada saat mereka melakukan perjalanan dinas yang benar-benar menyita waktu mereka.

            Tujuan utama dari penerapan jasa pelayanan ini adalah untuk memudahkan penumpang dalam menangani bagasi pada saat melakukan perjalanan. Semoga penerapan jasa pelayanan Delivery Baggage Service ini dapat bermanfaat bagi para konsumen / pengguna jasa penerbangan.

PEMBAGIAN TUGAS

  1. Nabila Rachmadina           : Membuat berita dari hasil analisis yang dilakukan, dan mengumpulkan berita dari masing-masing anggota kelompok untuk disatukan menjadi sebuah berita yang lengkap
  2. Dyana Natalia                      : Membuat berita secara keseluruhan dari analisis yang telah dilakukan.
  3. Fifi Shofiah                           : Menambahkan berita untuk melengkapi tugas minggu ini.
  4. Fitria Chandra                      : Menambahkan berita untuk melengkapi tugas minggu ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s