laporan kuliah lapangan rey filda welman


LAPORAN KULIAH LAPANGAN REY FILDA WELMAN D-III GROUND HANDLING 2431.11.005 Dalam laporan kuliah lapangan kali ini saya Rey akan menceritakan bagaimana pengalaman saya dalam melakukan kuliah lapangan atau praktik lapangan yang akan dilaksanakan selama 2 hari lamanya, untuk mempersingkat waktu langsung saja saya akan memulai cerita saya ini. 1. Hari Pertama Pada hari pertama saya beserta teman saya yang berjumlah 5 orang yang terdiri dari Zahir,Rara,Vega,Tari,dan tentunya saya sendiri. Kamipun sudah berkumpul dan kami menuju keruangan Pa.Eko Probo, beliau adalah dosen kami di STMT dari mata kuliah warehousing dan beliaulah yang meminta kami untuk melakukan kuliah praktek ini. Sesampainya di ruangan Pa.Eko Probo, kamipun dipisahkan utuk melakukan tugas kami masing – masing, yaitu Zahir dicargo domestic bagian bill up, Vega dicargo domestic bagian accepton, Tari dibagian import, dan tinggal saya berdua dengan Rara, kamipun ditugaskan untuk bertemu dengan Pa Agus di bagian Eksport, sesampainya di bagian eksport kami dipisahkan Rara dibagian eksport accepton dan saya dibagian eksport docpros. Mula – mula saya disuruh Pa Agus menunggu pembimbing saya, tetapi selama 30 menit saya menunggu pembimbing saya tidak datang datang, dan sayapun merasa tidak enak hati karena tidak melakukan pekerjaan apapun, sampai pada akhirnya saya beranikan diri untuk bertanya dan menjelaskan bahwa disini saya akan melakukan kuliah lapangan, tetapikebetulan sekali bahwa ternyata beliau adalah Pa.Jali orang yang saya tunggu selama 30 menit tadi. Beliaupun mengajarkan saya bagaimana cara untuk membuat manifest, tetapi sebelum itu mula mula beliau meminta saya untuk foto-copy terlebih dahulu manifest yang saya akan buat, sesudah di foto-copy beliau menjelaskan bahwa kegunaan manifest adalah untuk memeriksa cargo dan mempersiapkan apa saja yang diperlukan untuk loading dan unloading suatu pesawat. Beliaupun memberitahukan kepada saya bahwa cargo memiliki 5 jenis yang berbeda, yaitu General cargo (cargo yang tidak perlu penanganan khusus / penanganan hanya dengan cara biasa), Special Cargo ( kargo yang perlu penaganan khusus), Dangerous Goods ( barang barang yang berbahaya), Human-Remain ( cargo yang berisi jasat manusia yang sudah meninggal), dan post mail ( Pos Indonesia), sayapun berfikir bahwa ini berbeda dengan yang diberitahukan Pa.Eko bahwa jenis cargo ada 3 yaitu General cargo, Special cargo, dan Dangerous Goods, sayapun bertanya kepada Pa.Jali, dan Pa.Jali mengatakan bahwa tidak bukan 3 tetapi 5, lalu sayapun berfikir “ ya sudahlah berapapun jenis cargonya yang terpenting bahwa penangananya adalah harus dengan cara yang tepat”. Sesudah selesai membuat manifest saya diajarkan bagaimana cara untuk melakukan fax, agar manifest tersebut sampai kepada pihak apron, sesudah pihak apron menerima dan mengconfirmnya, dan pesawat yang ditunggu sudah datang sayapun ditugaskan Pa.Jali untuk pergi ke apron dan mempelajari proses loading dan unloading. Sesampainya diapron saya mengetahui bagaimana sebuah pesawat melakukan proses loading dan unloading tersebut. Dan sesudah selsesai sayapun kembali ke Docpros, dan tidak terasa sudah jam 13.30 dan ini berarti saya sudah harus ke ruangan ke Pa.Eko untuk pulang, lalu sayapun akhirnya berterima kasih kepada Pa.Jali karena telah mau membimbing saya dalam kuliah praktik kali ini, semoga ilmu yang didapat di hari pertama ini dapat berguna bagi saya untuk masa depan nanti. 2. Hari Kedua Hari kedua adalah hari terakhir saya melakukan kuliah lapangan kali ini, dan hari keduapun tidak berbeda dengan hari pertama tetapi yang membuat berbeda adalah kelompok kami yang sekarang bertambah satu orang yang bernama Adit. Setelah itu mulailah pemisahan seperti hari pertama, kali ini saya berada di gudang domestic bagian bill up, yang mana kemarin tempat ini ditempati oleh zahir. Sesampainya di bill up saya diperkenalkan kepada Pa.Husen beliau adalah pembimbing saya di gudang domestic bagian bill up, dan oleh Pa.Husein saya ditugaskan sebagai seoarang Cheaker (orang yang bertugas memeriksa cargo yang akan dikirim kepesawat untuk dibawa terbang kebandara tujuan), dan sekaligus saya berperan sebagai Porter (orang yang bertugas mempersiapkan barang barang yang akan dikirim kepesawat). Lalu saya bertugas untuk mengangkut cargo kedalam gerobak, tetapi sebelum itu saya memeriksa cargo yang akan diangkut kegerobak, apakah cargo tersebut sudah sesuai ataukah ada kekurangan cargo atau bahkan kelebihan cargo ? Lalu setelah itu saya membuat laporan dari setiap cargo yang saya periksa tadi dengan cara mencatat Surat Muatan Udara tersebut dan menulisnya dalam selembar kertas laporan, kemudian setelah itu sayapun mengangkat setiap cargo untuk dimasukkan kedalam gerobak. Banyak cargo yang berbeda beda tempat tapi satu destination yang sama, maka dari itu untuk untuk mempermudah pengangkutan cargo diperlukan benda seperti dibawah ini, yang berguana untuk mempercepat waktu dan mempermudah pengangkutan karena benda ini memiliki kepraktisan yaitu dapat mengangkut cargo yang banyak dalam sekali dorong.Dihari itu banyak destination yang sudah saya kerjakan seperti Padang, Solo, Kediri, dan Medan. Tidak terasa waktu sudah menunjukkan jam 13.30 dan ini berarti saya harus berpamitan untuk pulang, tetapi sebelum itu saya harus merapikan gudang, dan menaruh pallet pallet yang tadi dipakai untuk tempat cargo dalam satu tumpukkan yang sama, untuk mempermudah hal tersebut maka saya menggunakan forklift. Setelah selesai merapikan gudang maka selesailah tugas kuliah lapangan kali ini. Walaupun Cuma 2hari kuliah lapangan, tetapi saya merasa kuliah lapangan ini sangat bermanfaat untuk memperdalam ilmu dan wawasan saya khususnya dibidang pergudangan. THE END

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s