Apakah Perlu Bandara Baru Sebagai Pengganti Bandara Adi Sucipto?


Kelompok 5

Ketua :        Boby Agus Putranto        224110261

Anggota :  Adi Nugroho                       224110111

                      Diah Viatsri Destiani       224110003

                     Imam Amirullah               224110261

 Kelas : ZU10

Tugas : ke-1

Pendahuluan

            Sebagai negara yang sedang berkembang Indonesia memerlukan adanya pembangunan-pembangunan demi kemajuan bangsa. Salah satu pembangunan penting dalam negeri adalah Bandar Udara. Pembangunan dan pengembangan Bandar Udara penting dikarenakan Bandara adalah pintu gerbang suatu negara dan oleh karena itu perencanaan pembangunan Bandara harus disesuaikan dengan keadaan yang ada di masa depan.

Bandara adi sucipto Yogyakarta adalah salah satu bandara internasional di indonesia. Namun kepadatan jumlah penumpang yang tinggi per-tahunnya di bandara adi sucipto sudah melebihi kapasitas. Terlebih lagi bandara adi sucipto tidak hanya difungsikan sebagai bandara komersil tetapi juga digunakan sebagai pangkalan udara militer. Sudah seharusnya sebuah bandara internasional harus fokus kepada salah satu kepentingan penerbangan saja.

Masalah lain yang terjadi di bandara adi sucipto adalah panjang landasan di bandara adi sucipto sangat pendek sehingga tidak bisa dilandasi oleh pesawat terbang dengan badan besar dan juga kondisi landasan adi sucipto tidak dimungkinkan lagi untuk diperpanjang karena berdekatan dengan jurang. Sebagai bandara internasional tentunya prasarana seperti ini perlu diperbaiki.

PT Angkasa pura I bekerja sama dengan investor india merencanakan pembangunan bandara baru di Yogyakarta. Menurut rencana bandara baru tersebut akan dibangun di daerah kulon progo diatas lahan seluas 637 hektare. Bandara baru tersebut akan mulai dibangun pada tahun 2014 dan ditargetkan beroprasi pada tahun 2016. Bandara baru tersebut diperkirakan akan mampu menampung 10 juta penumpang setiap tahunnya.

Apakah perlu bandara baru sebagai pengganti bandara adi sucipto? Atau bandara baru hanya sebagai bandara alternatif dari bandara adi sucipto?

Iklan

One thought on “Apakah Perlu Bandara Baru Sebagai Pengganti Bandara Adi Sucipto?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s