FENOMENA MUDIK LEBARAN & TRANSPORTASI


Kelompok  2

Ketua               : Novembriani Irenita (224110132)

Anggota         : Dyra Puspita                 (224110011)

: Redita Andriyani        (224110028)

: Melinda priskila          (224110129)

Kelas                :S1 –  ZU – 10

Tugas              : 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

      Persoalan  pelik  sering terjadi  saat  mudik  lebaran  tiba  di  Indonesia  yaitu  ketika  para  pemudik  yang  tinggal  di  kota  besar  pulang  ke  daerah  asal  mereka dengan   menggunakan  kendaraan  pribadi  maupun  transportasi  publik, seperti : kereta api, bus, kapal laut, dan pesawat terbang. Pertambahan jumlah penumpang mulai drastis terjadi di Indonesia setiap tahunnya ketika menjelang lebaran, sehingga terjadi penumpukan penumpang di stasiun kereta api, terminal bus, pelabuhan laut, dan Bandar udara, sehingga kemacetan terjadi disepanjang rute yang dilalui. Para pemudik berlomba-lomba untuk membeli tiket sebelum hari lebaran maka disetiap Stasiun, Pelabuhan, maupun Bandar udara di penuhi oleh para pemudik tersebut, dan mereka rela berlama-lama antri mendapat giliranya untuk membeli tiket. Kepadatan ini ditandai dengan adanya penambahan armada transportasi demi kenyamanan dan keamanan para pemudik.

 Berdasarkan data Kementerian Perhubungan melalui Aplikasi Sistem Informasi Angkutan dan Sarana Transportasi Indonesia atau SIASATI atau http://siasati.dephub.go.id/report, Kementerian Perhubungan memprediksi total jumlah pemudik Lebaran tahun ini mencapai 15,99 juta orang atau naik 5,96% dari Lebaran 2011. Dengan situasi yang seperti ini maka diperlukan peran pemerintah yang besar untuk menanggulangi masalah yang terjadi disetiap tahunnya. Salah satu solusi yang dapat dilakukan ialah penambahan jumlah moda transportasi.

Berikut ini moda transportasi yang menambah jumlah armadanya :

a.   PT Kereta Api Indonesia sebanyak 262 armada dan 33 armada merupakan kereta api tambahan yang dipersiapkan untuk arus mudik Lebaran;

b.   Moda Angkutan Laut,  yaitu Domestik (33 armada) dan Luar Negeri (10 armada);

c.   moda Angkutan Udara, yaitu Domestik (47 armada) dan Luar Negeri (18 armada).

Tujuan penambahan armada ini ialah untuk membantu para pemudik  dapat pulang ke daerah asal mereka sebelum hari lebaran tiba dan dapat merayakan hari lebaran bersama sanak keluarganya.

   Oleh karena itu kami membuat judul “FENOMENA MUDIK LEBARAN DAN TRANSPORTASI” agar penyedia pelayanan transportasi baik moda transportasi darat, laut, dan udara dapat lebih memaksimalkan pelayanan yang terbaik kepada publik.

Iklan

2 thoughts on “FENOMENA MUDIK LEBARAN & TRANSPORTASI

  1. Tugas pertama kalian salah, tidak jelas maksud dan tujuan penelitiannya, silakan direvisi, tugas ini saya anggap belum pernah dikumpulkan sampai ada revisinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s