PENGARUH E -TICKET TERHADAP EKSISTENSI CALO TIKET DI BANDARA


KELOMPOK : 6

KETUA  :          Fitriyanti  ( 224110100 )

ANGGOTA  :    Mentari de Tanzil ( 224110102 )

Rantih Lenggo Geni ( 224110018 )

Indah Nurbaiti ( 224110196 )

Kelas : S1 ZU 2010

Tugas 1

PENGARUH E -TICKET TERHADAP EKSISTENSI CALO TIKET DI BANDARA

Pendahuluan

Kata “Calo Tiket” tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Calo tiket bukan hanya ada di Bandar udaraa saja, akan tetapi juga ada di terminal bis, terminal kereta atau tempat umum lainnya. Pengertian calo sebenarnya adalah perantara yang memberikan jasanya untuk mengurus sesuatu berdasarkan upah. Biasanya seorang calo tiket pesawat berpenampilan rapi tidak layaknya seorang calo, sehingga sulit untuk membedakan calo dengan pengguna jasa bandara lainnya.

Disini kami akan membahas keberadaan calo tiket yang ada di Bandar udara Soekarno-Hatta terutama untuk penerbangan Domestic di terminal 1. Kenapa keberadaan calo begitu sulit untuk dihapuskan? Sebenarnya dengan adanya calo tiket di Bandar udara tersebut menguntungkan para konsumen yang tidak mau ambil pusing untuk membeli tiket. Para konsumen tersebut hanya tinggal menelpon calo tersebut , dan memberi tahukan jadwal keberangkatannya. Setelah itu konsumen membayar sejumlah uang yang telah disepakati.

Kalau dilihat dari sistem Bandar udara Soekarno Hatta, sebenarnya sudah seringkali di adakan kegiatan sweeping untuk memberantas adanya keberadaan calo. Namun , kegiatan tersebut bersifat sementara. Beberapa hari kemudian calo ticket muncul lagi di Bandar udara Soekarno Hatta.

Namun, kini dengan adanya “E-TICKET”, yaitu pemesanan tiket secara langsung melalui internet. Pelanggan bisa langsung memesan tiket tanpa perantara (calo tiket). Tetapi tidak banyak orang yang paham akan pemesanan tiket online ini, bahkan ada yang tidak menyadari sama sekali akan keberadaannya. Atau karena prosedur pemesanan tiket yang membingungkan custumer.

Oleh karena itu, kami mengambil tema “Pengaruh E-Ticket Terhadap Eksistensi Calo Tiket Dibandara”. Dan akan melakukan survey kebeberapa calo tiket yang ada dengan maksud untuk mengetahui apakah dengan di berlakukannya E-Tiket tersebut berdampak pada profesi mereka.

2 thoughts on “PENGARUH E -TICKET TERHADAP EKSISTENSI CALO TIKET DI BANDARA

  1. Pernah belajar Bahasa Indonesia? silakan buka lagi buku pelajaran Bahasa Indonesia, baca kutipan kalimat ini “….. sudah seringkali di adakan kegiatan ….” di kalimat itu ada kesalahan tulis kata. Perhatikan juga pemakaian huruf besar, masih banyak yang salah.

    Tulisan kalian adalah tulisan akademis, gunakan Bahasa Indonesia yang benar, jangan asal tulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s