APAKAH FSC (FULL SERVICE CARRIER) KURANG DIMINATI DENGAN HADIRNYA LCC (LOW COST CARRIER)? (PART I) (REV.02)


Kelompok : 1 (Tugas 1)

Ketua :

Netti Yuliarti (2241.10.176)

Anggota :

Elparida Arni B (2241.10.133)

Claudia Kartika C (2241.10.163)

Kelas : S1 ZU10

PENDAHULUAN

Sekarang ini LCC memang sedang booming di kalangan pengguna transportasi udara. Disamping harga tiket yang murah namun tetap mengutamakan aspek keselamatan merupakan pertimbangan mengapa LCC sangat diminati oleh masyarakat. Meskipun dalam LCC hanya disajikan pelayanan yang minimalis, hal ini tidak menjadi kendala bagi masyarakat untuk menggunakan layanan LCC.

Namun bukan berarti dengan adanya fenomena LCC, kemudian FSC (Full Service Carrier) menjadi tidak kedengaran gaungnya. Sebaliknya pertumbuhan bisnis penerbangan di Indonesia dengan layanan full service, belakangan ini meningkat. Banyak pemain-pemain baru yang mulai memasuki pasar full service yang selama ini hanya dikuasai oleh maskapai Garuda Indonesia. Sebut saja Pacific Royale Airways, merupakan maskapai swasta pertama di Indonesia yang melayani full-service yang telah melakukan debut terbangnya di beberapa kota pada 11 Juni 2012.

Meskipun layanan LCC cenderung menguasai pasar penerbangan Indonesia, namun eksistensi FSC masih terlihat. Indonesia National Air Carriers Association (INACA) atau Asosiasi Perusahaan Penerbangan Sipil Indonesia menyatakan kelas FSC memang hanya memegang porsi yang lebih kecil yakni hanya 20% pasar penerbangan Indonesia, sisanya 80% dikuasai pasar LCC. Namun jika maskapai full service tetap konsisten dalam pelayanan prima, pasarnya tetap masih ada.

Oleh karena itu, kami melakukan penelitian mengenai eksistensi maskapai full service di tengah gempuran penerbangan berbiaya rendah (LCC) ini bertujuan untuk meninjau bagaimana minat masyarakat terhadap penerbangan full service, apakah minat itu berkurang seiring semakin maraknya LCC, atau justru FSC memiliki pasarnya tersendiri sehingga gaungnya masih terdengar.

Sumber : http://travel.detik.com/read/2012/06/07/073202/1934929/1025/mulai-terbang-11-juni-pacific-royale-siap-gaet-traveler

http://www.bisnis.com/articles/pemain-full-service-pasar-penerbangan-bertambah

2 thoughts on “APAKAH FSC (FULL SERVICE CARRIER) KURANG DIMINATI DENGAN HADIRNYA LCC (LOW COST CARRIER)? (PART I) (REV.02)

  1. nah ini bagus, silakan lanjut ke tugas berikutnya, kelompok kalian hebat, pantang menyerah dan bertindak dengan cepat, semoga bisa menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya untuk tidak manja dan cepat menyerah … good job !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s