Peranan jasa truck dan container dalam moda pengangkutan barang


Kelompok: XI

S1-MTU A

Part: I, Bab: II. Landasan Teori

Ketua: Dewi Pristika Wirya S (224109341)

Anggota: Heru Al-Sidiqqi (224109316), Daniel Freddy H. T (224103232)

Dalam Bab II ini kami dari Kelompok XI ingin menjelaskan bahwa, kami ingin memberikan beberapa teori yang sangat berhubungan dengan tema penulisan yang kami pilih “Peranan jasa truck dan container dalam moda pengangkutan barang”.

 I. Teori Pemasaran

Menurut Kotler dan Amstrong (2001) menjelaskan bahwa pemasaran diklasifikasikan menjadi empat kelompok secara luas, yang biasa dikenal dengan 4P yang meliputi :

  1. Produk (Product), kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan kepada pasar sasaran.
  2. Harga (Price), sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh pelanggan untuk memperoleh suatu produk.
  3. Promosi (Promotion), suatu aktivitas mengkomunikasikan keunggulan produk serta membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya.
  4. Tempat (Place), suatu aktivitas perusahaan agar produk mudah di dapatkan pelanggan sasaran.

II. Teori Sistem Antrian (Waiting Line)

Menurut Render dkk. (2005), antrian (waiting line atau queue) diartikan sebagai orang atau barang dalam barisan yang sedang menunggu untuk dilayani.

Menurut Taha (1997), fenomena menunggu atau mengantri merupakan hasil langsung dari keacakan dalam operasional pelayanan fasilitas apapun.

Antrian merupakan aktifitas yang tidak lepas dari kehidupan manusia sehari–hari. Suka atau tidak suka, manusia tetap harus melakukan aktifitas antrian tersebut. Ilmu pengetahuan tentang bentuk antrian, merupakan sebuah bagian penting operasi dan juga alat yang sangat berguna bagi manajer operasi.

III. Teori Perancangan Sistem

Menurut Mulyadi (2001), perancangan sistem adalah proses penterjemahan hubungan pemakai informasi ke dalam alternatif rancangan sistem informasi yang diajukan kepada pemakai informasi untuk dipertimbangkan.

Menurut Mcleod (2001), perancangan sistem adalah sebuah usaha penentuan spesifikasi proses dan data yang diperlukan oleh sistem baru.

Dapat disimpulkan bahwa perancangan sistem adalah suatu kunci dalam yang bertujuan untuk menentukan elemen-elemen dasar di dalam sebuah sistem sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

4 thoughts on “Peranan jasa truck dan container dalam moda pengangkutan barang

    • Bisa Pak.

      Alasan kami memilih ketiga teori ini dalam tugas, karena berdasarkan permasalahan dalam dunia jasa pengangkutan barang dan penumpang terutama untuk transportasi darat yang menjadi topik yang kami pilih. Memang pada dasarnya semuanya menyangkut tentang keuangan, yang menimbulkan banyak efek yang merugikan kebelakangnya. Seperti halnya :

      1. Teori Pemasaran
      Tidak semua perusahaan jasa pengangkutan barang bisa memasarkan produknya melalui media cetak, media audio visual, maupun media via internet. Bagi perusahaan kecil, mereka hanya bisa mengandalkan informasi dari omongan satu orang ke orang lainnya tapi tidak untuk perusahaan besar bisa sebaliknya.
      Hal ini juga yang menyebabkan perusahaan transportasi darat kalah bersaing dengan transportasi udara. Tanpa adanya pemasaran yang baik, sudah pasti perusahaan itu akan cepat gulung tikar.

      2. Teori Sistem Antrian (Waiting Line)
      Masih kurangnya rasa saling menghargai. Di Indonesia ini harus kita akui, bahwa “yang mempunyai uang yang didahulukan”. Begitu pula dalam dunia jasa pengangkutan barang yang menggunakan container dalam pengiriman barang. Dimana perusahaan menengah ke bawah yang harus mengikuti prosedur yang sudah diterapkan yaitu sistem antrian. Tapi tidak berlaku untuk perusahaan besar, barang bisa di keluarkan dengan cepat dari gudang dengan tambahan biaya tidak resmi untuk suatu oknum yang nakal.

      3. Teori Perancangan sistem
      Tidak semua perusahaan jasa yang bisa membuat perancangan sistem pelayanan yang bagus, komunikasi masih kurang baik. Seperti halnya, dalam dunia bisnis jual beli barang secara online yang lagi meningkat. Banyak orang, yang mengandalkan jasa transportasi darat untuk pingiriman barang dagangannya demi menghemat biaya pengiriman. Padahal barang yang kita kirim melalui jasa cargo, 1 barang dilempar dan ditumpuk rame-rame hingga container penuh. Barang bisa rusak, dan hancur.

  1. bagus, setidaknya kalian dapat mempertanggungjawabkan apa yang kalian tulis, coba dari awal kalian tulis lengkap seperti ini pasti tulisan ini akan semakin menarik untuk dibaca.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s